Contoh Business Plan Pembuatan Warnet


Pada postingan kali ini akan ditunjukkan contoh Business Plan Pembuatan Warnet (Warung Internet). Apasih Warnet? Kebanyakan dari kita pasti sudah tahu tentang apa itu warnet. Warnet adalah tempat kebanyakan orang mengakses internet. Umumnya warnet paling banyak terdapat/tersebar terutama di kota-kota besar (ibukota propinsi, kabupaten, dan di kota-kota kecil sebagai penyedia jasa untuk melayani kebutuhan masyarakat di daerah tersebut dalam mengakses informasi. Kebanyakan warnet tersebar di dekat tempat pendidikan seperti Universitass atau SMA. 

Ini bukanlah karya tulisan saya sendiri, melainkan ini adalah hasil tulisan dari salah satu teman saya yang namanya tercantum di baris bawah postingan ini. Untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada teman saya yang sudah mengizinkan untuk mempublikasikan hasil tulisannya di blog accounting-media.blogspot.com. Untuk lebih jelasnya tentang postingan, silahkan langsung saja dibaca dan disimak.




Business Plan Pembuatan Warnet
1.        Nama Perusahaan yang Diusulkan
Melihat perkembangan teknologi yang semakin maju dan potensi pasar yang masih sangat potensial dan kebutuhan akan teknologi informasi yang semakin meningkat, maka timbul ide untuk membuat bisnis warnet.
Nama usaha yang diusulkan adalah WARNET FANTASY, nama fantasy diambil karena cukup familiar dan mudah dihafal sehingga dapat menjadi kelebihan warnet ini.
2.        Lokasi
Warnet ini direncanakan akan didirikan di Jln. Kudus-Jepara KM 4, jalan ini adalah jalur yang menghubungkan kota Kudus dengan Jepara. Radius satu kilometer jalan ini terdapat dua SMK dan satu SMA, ada juga SMP dan beberapa perkantoran. Radius beberapa KM dari jalan ini tidak terdapat warnet lain, jadi warnet ini akan menjadi tujuan utama di lokasi tersebut. 
3.        Jenis Usaha yang Akan Dijalankan
Usaha yang direncanakan ini adalah usaha jasa penyewaaan internet, selain itu melayani penjualan pulsa, makanan ringan dan minuman kemasan.
4.        Barang/Jasa yang Akan Dijual
Usaha ini utamanya menyediakan penyewaan internet karena bentuknya adalah warnet. Tetapi sebagai sampingan, warnet melayani penjualan pulsa elektronik. Selain itu warnet juga dilengkapi makanan ringan dan minuman kemasan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
5.        Pelanggan yang Ingin Diraih
Target warnet ini adalah meraih pelanggan yang bersekolah di sekitar lokasi warnet, karena terdapat beberapa SMK, SMA dan SMP. Selain itu juga pelanggan dari warga sekitar yang membutuhkan informasi dunia luar lewat internet.
6.        Bentuk Kepemilikan Bisnis
a.    Bentuk Kepemilikan Bisnis dan Alasan Memilih Bentuk Tersebut
            Bisnis ini diatur dalam suatu perusahaan perseorangan, bentuk ini dipilih karena kita dapat bebas menerapkan ide kita pada bisnis yang kita dirikan ini tanpa harus berkonsultasi dengan orang lain. Selain itu semua keuntungan yang diperoleh akan menjadi milik kita seutuhnya. Bentuk ini menjamin rahasia perusahaan kita karena hanya kita yang tahu.
b.    Resiko yang Berhubungan Dengan Pendapatan dan Pengeluaran
            Bisnis warnet ini mempunyai beberapa resiko yang dapat mengurangi pendapatan. Salah satunya adalah ketika pemadaman listrik terjadi, jika terjadi pemadaman listrik maka komputer tidak bisa digunakan dan hal itu adalah resiko yang paling besar dampaknya bagi pendapatan kita. Sebenarnya resiko pemadaman listrik ini dapat diatasi dengan cara membeli genset. Tetapi apabila kita membeli genset, biaya operasional kita bertambah dan dapat menambah pengeluaran kita.
            Selain pemadaman listrik, resiko lain adalah ketika koneksi internet global terganggu. Jika ini terjadi maka secara otomatis warnet kita harus ditutup karena internetnya tidak bisa digunakan.
7.        Usaha Saya Akan Memenuhi Kebutuhan Pelanggan dalam Hal-hal Berikut:
a.       Kebutuhan Warnet yang Memiliki Kecepatan Koneksi
Warnet Fantasy ini dilengkapi dengan Speedy yang memiliki kecepatan koneksi yang cepat. Selain itu dilengkapi dengan Internet Download Manager yang dapat mempercepat proses downloading data.
b.      Kebutuhan Warnet yang Nyaman
Didalam warnet Fantasy terdapat pendingin ruangan yang dapat membuat nyaman para pengunjung warnet, terdapat headspeaker yang dapat memanjakan pengunjung ketika mendenngarkan musik yang tersedia. Selain itu Warnet Fantasy juga dilengkapi dengan minuman dan makanan ringan sehingga pengunjung tidak perlu membawa makanan jika ingin cemilan, jadi cukup memesan kepada petugas  warnet.
c.       Keamanan Kendaraan Pelanggan
Warnet ini memiliki tukang parkir yang bertugas menjaga kendaraan pengunjung, sehingga pengunjung tidak was-was ketika sedang di dalam warnet.
d.      Koleksi Film, Lagu dan Software yang Update
Warnet ini memiliki koleksi film, lagu dan software yang update pada data tiap komputer, sehingga pengunjung cukup mengcopy dari data warnet dan tidak perlu repot-repot mendownload.
e.       Game Online
Bagi remaja dan anak-anak game online adalah tujuan kenapa mereka pergi ke warnet. Nah, warnet Fantasy ini menyediakan fasilitas game online yang dapat dinikmati pengunjung warnet.
f.       Pelayanan yang Ramah
Pelayanan yang baik adalah kunci yang cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan, jadi kualitas pelayanan adalah hal yang utama. Misalnya mengucapkan selamat datang kepada pengunjung yang baru masuk, mengucapkan terima kasih ketika pengunjung membayar dan meninggalkan warnet. Dan usahakan untuk menghafal nama pengunjung yang sring datang ke warnet, sehingga menciptakan suasana akrab.
8.        Analisis SWOT Terhadap Ide Bisnis
a.       Kekuatan
Warnet Fantasy terletak di tepi jalan yang lokasinya mudah dijangkau dan tidak memiliki saingan dalam radius satu kilometer. Konsumen akan merasa nyaman karena warnet ini memenuhi kebutuhan pengunjung yaitu koneksi internet dan proses downloading yang cepat, pelayanan yang ramah, keamanan kendaraan pengunjung, adanya koleksi film, lagu dan software yang update. Selain itu Warnet Fantasy juga menyediakan game online yang ditunjang dengan headspeaker yang tersedia pada tiap komputer. Warnet Fantasy juga melayani penjualan pulsa, makanan dan minuman ringan sehingga kebutuhan camilan pengunjung dapat terpenuhi.
b.      Kelemahan
Warnet ini memiliki kelemahan di mata pengunjung, yaitu ketika koneksi internet dihidupkan maka angka Rp 3.000 langsung tertera pada biaya yang harus dibayar pengunjung. Artinya ketika pengunjung mematikan koneksi kurang dari satu jam, maka pengunjung tetap harus membayar Rp 3.000 dimana harga tersebut adalah harga koneksi selama satu jam.
c.       Peluang
Pada era globalisasi ini tiap orang membutuhkan informasi update yang banyak terdapat di dunia maya, para pelajar juga sering mencari refensi tugas yang memang banyak terdapat di internet. Selain itu banyak orang yang senang mengakses situs jejaring sosial yang sedang booming dan juga para remaja penggemar game oline yang betah berjam-jam di depan komputer ketika sedang bermain. Semua itu adalah peluang warnet, jadi usaha warnet masih memiliki peluang yang bagus ke depan.
d.      Ancaman
Ancaman utama bisnis warnet kita adalah perusahaan telekomunikasi yang belakangan ini gencar menawarkan modem bagi laptop. Dengan adanya modem, orang-orang akan berkurang mengunjungi warnet. Karena dengan modem mereka dapat mengakses internet darimana saja mereka suka. Selain itu perusahaan telekomunikasi juga sekarang ramai menawarkan pulsa murah dengan bonus gratis internet. Ancaman lain adalah cafe yang dilengkapi hotspot, tapi ancaman ini hanya berlaku kepada pelanggan yang memiliki laptop.
9.        Perencanaan Manajemen dan Produksi
a.    Dasar-dasar Manajemen yang Efektif
·      Rencana Strategis Bisnis
Bisnis ini dapat dikembangkan dengan menambah unit bisnis lain, misalnya dengan membuka toko penjualan pulsa dan toko komputer. Untuk toko penjualan pulsa peluang untuk berkembang lebih besar karena lokasi bisnis berada di tempat yang strategis yaitu di tepi jalan raya dan dekat dengan beberapa sekolah menengah atas yang siswa-siswinya tentu memiliki handphone dan memerlukan pulsa.
·      Cara Mencapai Rencana Bisnis Tersebut
Untuk mencapai rencana tersebut kita harus menyisihkan sebagian keuntungan dari bisnis warnet yang kita peroleh. Apabila dirasa telah mencukupi maka kita dapat mendirikan unit bisnis yang lain yaitu toko penjualan pulsa. Jika toko penjualan pulsa kita sukses berkembang kita dapat mendirikan unit bisnis yang lain dan begitu seterusnya.
b.    Struktur Organisasi
·      Karena bisnis ini sederhana dan hanya memiliki dua orang karyawan, maka stuktur organisasinya juga sederhana.
·      Bagan  Struktur Organisasi Bisnis

 






·      Tanggung Jawab Karyawan yang Dipekerjakan
Karyawan 1 :
1.      Sebagai kasir dan server warnet shift 1
2.      Menjual pulsa, snack dan minuman ringan
3.      Membersihkan warnet termasuk merapikan room setelah digunakan pelanggan
Karyawan 2 :
1.     Sebagai kasir dan server warnet shift 2
2.     Menjual pulsa, snack dan minuman ringan
3.    Membersihkan warnet termasuk merapikan room setelah digunakan pelanggan
·      Struktur Organisasi Apabila terjadi Perkembangan Bisnis

 
c.    Memperbaiki Kualitas dan Efisiensi Produksi
Ø Cara Menjamin Kepuasan Konsumen
Untuk menjamin kepuasan konsumen kita harus memperlakukan konsumen dengan sebaik mungkin, misalnya memeriksa tiap room sebelum warnet dibuka untuk mengetahui kalau ada komputer yang rusak.
Ø Jaminan Kualitas Jasa
Kita dapat mewujudkan jaminan kualitas jasa kita dengan cara meyediakan komputer yang bagus dan koneksi internet yang cepat. Selain itu kita menyediakan pendingin ruangan agar pengunjung merasa nyaman.
Ø Cara Menjamin Konsumen Diperlakukan dengan Baik Oleh Karyawan
Untuk menjamin agar konsumen diperlkakukan dengan baik oleh karyawan, kita harus sering mengontrol kinerja karyawan. Kita harus mengajari untuk membiasakan bersikap ramah kepada pelanggan.
Ø Teknologi yang Membuat Bisnis Mampu Mengembangkan Kualitas Jasa
Dalam bisnis warnet banyak teknologi yang digunakan untuk mengembangkan bisnis ini. Misalnya menggunakan program server yang baik, menggunakan software yang mampu menghitung laba atau rugi sehingga kita dapat merencanakan program yang akan dilakukan.
10.    Rencana Pemasaran
a.    Strategi Produk dan Penetapan Harga
·      Perbedaan Dengan Bisnis Warnet Lain
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, warnet yang direncanakan ini mempunyai beberapa keunggulan dibanding dengan warnet lainnya, keunggulan tersebut adalah warnet ini terletak di tepi jalan yang lokasinya mudah dijangkau. Konsumen akan merasa nyaman karena warnet ini dilengkapi dengan pendingin ruangan dan menggunakan konsep lesehan. Selain itu warnet ini menyediakan game online yang terbaru dan dilengkapi dengan headspeaker dan camera. Disini koneksi internetnya lebih cepat dibanding warnet lain karena menggunakan speedy. Warnet ini juga melayani pemesanan makanan ringan, minuman dan penjualan pulsa.
·      Penentuan Harga
Biaya untuk sewa warnet adalah Rp 3.000/jam.
·      Cara Membandingkan Penetapan Harga Dengan Warnet Lain
Umumnya tarif harga yang ditetapkan oleh warnet lain adalah sebesar Rp 5.000/jam. Sedangkan tarif yang kita tawarkan hanya Rp 3.000/jam. 
b.    Strategi Promosi
·      Promosi yang Akan Dijalankan
Untuk promosi, kita akan membuat pamflet dan spanduk yang berisi keunggulan yang ditawarkan warnet kita kepada masyarakat, pamflet ini akan disebarkan kepada anak-anak sekolah yang lokasinya dekat dengan lokasi warnet, sehingga diharapkan mereka akan menjadi pelanggan kita. sedangkan spanduk akan dipasang pada tempat-tempat srategis yang ramai dilewati orang.
·      Pengalokasian Dana Untuk Promosi Selama Tahun Pertama
Untuk spanduk kita mengalokasikan dan sebesar Rp 200.000 sedangkan untuk pamflet kita mengalokasikan dana sebesar Rp 100.000.
·      Penggunaan Hubungan Masyarakat Untuk Mempromosikan
Untuk mempromosikan warnet, kita tidak memerlukan jasa public relation secara khusus, yang kita lakukan dalam berpromosi adalah memberikan pamflet kepada calon pelanggan sambil memberitahukan keunggulan warnet kita dibanding dengan warnet yang lain. Yang bertugas untuk itu adalah karyawan kita.
·      Penggunaan Internet Untuk Promosi
Dalam berpromosi kita dapat menggunkan fasilitas yang ada di internet, diantaranya adalah melalui situs jejaring sosial seperti facebook. promosi seperti ini sangat efektif dan tidak mengeluarkan biaya besar.
11.    Perencanaan Keuangan
              I.     Analisis Keuangan dan Akuntansi
Ø Pendapatan yang Diperkirakan Selama Tahun Pertama
Biaya sewa warnet Rp 3.000/jam X 60 jam X 30 hari       = Rp     5.400.000
(asumsi 60 jam/hari)
Snack dan minum                           Rp 50.000 X 30 hari   = Rp     1.500.000 
Jual Pulsa                                        Rp 50.000 X 30 hari   = Rp     1.500.000
Pendapatan 1 bulan                                                                        = Rp     8.400.000
Pendapatan 1 tahun                     Rp 8.400.000 X 12     = Rp 100.800.000

Ø Biaya yang Diperkirakan Selama Tahun Pertama
Koneksi Speedy                             Rp 1.000.000 X 12     = Rp 12.000.000
Gaji 2 Orang Karyawan                 Rp 1.400.000 X 12     = Rp 16.800.000
Listrik                                             Rp 500.000 X 12        = Rp   6.000.000
Kontrak tempat                              Rp 1.000.000 X 12     = Rp 12.000.000
Promosi                                                                               = Rp      300.000
Total Biaya 1 Tahun                                                        = Rp 47.100.000

Ø Laba Sebelum Pajak Pada Tahun Pertama
Pendapatan – Biaya                                    = Rp 100.800.000 – Rp 47.100.000
                                                                  = Rp 53.700.000

Ø Pajak yang Diperkirakan Selama Tahun Pertama
25% X Rp 53.700.000                                = Rp 13.425.000
Ø Laba Setelah Pajak yang Diperkirakan Selama Tahun Pertama
Laba sebelum pajak – Pajak                       = Rp 53.700.000 – Rp 13.425.000
= Rp 40.275.000
           II.     Pembiayaan/pendanaan
Ø Investasi Dana Dalam Bisnis
Kontrak Tempat                                         Rp 12.000.000
2 Pendingin ruangan                                   Rp   4.000.000
11 unit computer @ Rp 1.300.000             Rp 14.300.000
Printer                                                         Rp      900.000
Promosi (pamflet + spanduk)                     Rp      300.000
Pembuatan room                                         Rp   2.000.000
Pemasangan speedy + modem                   Rp   2.500.000
Total Investasi                                           Rp 36.000.000

Ø Dana yang Dibutuhkan Untuk Memulai Bisnis
Untuk memulai bisnis diperlukan dana sebesar Rp 36.000.000,00.

        III.     Investasi Bisnis
Ø Perkiraan Pengembalian Atas Ekuitas Berdasarkan Laba Setelah Pajak
Berdasarkan pada jumlah laba setelah pajak, maka kita dapat memperkirakan modal akan kembali dalam waktu kurang dari 1 tahun.

12.    Etika Bisnis dan Pertanggungjawaban Sosial
Ø Persoalan Etika yang Mungkin Dihadapi Oleh Bisnis
            Dilema dalam bisnis ini muncul ketika pengguna internet membuka situs-situs porno, apalagi jika hal itu dilakukan oleh anak-anak yang belum cukup umur. Dikhawatirkan hal itu akan memberi efek buruk bagi mereka, misalnya apabila mereka meniru apa yang mereka lihat disitus porno tersebut. Apabila kita sebagai pemilik melarang pelanggan untuk membuka situs-situs tersebut, kemungkinan kita akan ditinggalkan pelanggan dan hal itu akan menyebabkan kerugian besar bagi bisnis kita. Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena penelitian-penelitian banyak membuktikan bahwa kebanyakan pengunjung membuka situs porno saat mereka menggunakan internet.
Ø Cara Menangani Situasi Tersebut
Untuk mengatasi dilema etika dalam bisnis yang kita rencanakan ini kita dapat memakai beberapa cara. Yang pertama, kita menempelkan selebaran pada tiap room yang isinya anjuran untuk tidak membuka situs-situs porno. Hal ini sebenarnya kurang efektif karena biasanya pengunjung warnet akan mengabaikan anjuran seperti ini. Cara lain adalah dengan memasang software anti pornografi. Cara ini sangat efektif karena ketika pengguna internet membuka situs porno secara otomatis software ini akan langsung menutup situs tersebut.

Ø Tanggungjawab Sosial Kepada Karyawan, Konsumen dan Masyarakat
Tanggungjawab sosial kepada karyawan diwujudkan dengan memberi gaji yang pantas sesuai dengan pekerjaan mereka, apabila mereka rajin bekerja maka akan mendapatkan insentif atau gaji tambahan. Tanggungjawab kepada konsumen diwujudkan dengan cara memberi pelayanan yang sebaik mungkin kepada mereka, sedangkan tanggungjawab kepada masyarakat diwujudkan dengan menutup warnet apabila ada hari besar keagamaan.
Ø Kebijakan Khusus Untuk Mendapatkan Perhatian dari Karyawan, Konsumen dan Masyarakat
Untuk mendapatkan perhatian yang lebih baik dari karyawan, kita sebagai pemilik usaha harus memanusiakan karyawan kita. Misalnya memberikan cuti apabila mereka berhalangan kerja, menghormati mereka, menanyakan kabar, mereka sehingga dapat lebih akrab. Sedangkan untuk mendapatkan perhatian dari konsumen, kita harus membiasakan karyawan kita untuk bersikap ramah dan murah senyum kepada konsumen. Untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat kita harus mempromosikan bisnis warnet kita, misalnya dengan memasang spanduk atau menyebar pamflet promosi.



Oleh: Amirul Khoirudin (FE/UNNES)

Related : Contoh Business Plan Pembuatan Warnet

5 Responses to " Contoh Business Plan Pembuatan Warnet "

  1. http://gamesyork.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Nice inpo gan... Keep posting..
    Thx

    ReplyDelete
  3. keren artikelnya gan
    kunjungi juga ya artikel kami
    http://monopolyindo.blogspot.com/
    Web kebanggaan monopoli online indonesia bonus berlian 50.000 http://www.indomonopoly.com/

    ReplyDelete

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..