Pengertian Manajemen

Pada postingan kali ini accounting-media.blogspot.com akan menjelaskan secara singkat mengenai pengertian manajemen, proses manajemen, dan tingkatan manajemen. Tidak dipungkiri lagi ya, saat ini manajemen sudah memiliki tempat strategis di dalam perusahaan. Manajemen tersebut dipimpin oleh manajer yang mengatur kinerja dalam manajemen yang dipimpinnya. Manajer harus bekerja dengan baik agar semua tujuan (goal) dari perusahaan dapat tercapai. Lalu apa sih Manajemen itu sendiri?


Pengertian Manajemen

Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”.




Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman. 

Pendapat lain menjelaskan :
Manajemen : “
keahlian untuk menggerakan orang untuk melakukan suatu pekerjaan” (the art of getting thing done through people) (Lawrence A. Appley, American Management Association)

Manajemen : “
seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan dari pada “human and natural resources” untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.(oey Liang Gie, Guru besar manajemen UI)

Manajemen sebagai “
proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan : perencanaan, pengorganisasian, menggerkan dan pengawasan yang dialkukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain”. (George R. Terry, Ph.D)
Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
1. Manajemen sebagai suatu proses,
2. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
3. Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science) 


Manajemen sebagai suatu seni, mengandung 2 unsur yaitu:
- Untuk membuat keputusan dan pemecahan masalah seringkali didasarkan atas intuisi, pengalaman, insting dan pandangan pribadi.
- Mengandalkan keahlian konseptual, komunikasi dan manajemen waktu agar penyelesaian tugas-tugas manajer berhasil dengan baik.

Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan, mengandung 2 unsur yaitu:
- Asumsi bahwa masalah-masalah dapat diselesaikan dengan cara rasional, logis, objektif, dan sistematis.
- Untuk memecahkan masalah diperlukan keahlian teknis, diagnostik dan penganbilan keputusan.

Proses Manajemen

  1. Perencanaan (Planning), menetapkan suatu tujuan organisasi dan menentukan bagaimana cara terbaik untuk mencapainya.
  2. Pengorganisasian (Organizing), menentukan bagaimana aktivitas-aktivitas dan sumber daya akan dikelompokkan.
  3. Kepemimpinan (Leading), serangkaian proses yang dilakukan agar anggota dari organisasi bekerjasama demi kepentingan organisasi.
  4. Pengendalian (Controlling), memonitor kemajuan organisasi dalam mencapai tujuan.
Tingkatan Manajemen
  1. Top Manager (Manajer Puncak), kelompok kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi.
  2. Middle Manager (Manajer Tengah), kelompok manajer paling banyak dalam organisasi yang tanggungjawab utamanya mengimplementasikan kebijakan dan rencana dari top manager.
  3. First-Line Manager, manajer yang mengawasi dan mengkoordinasikaan aktivitas karyawan.

Related : Pengertian Manajemen

0 Response to " Pengertian Manajemen "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..