Perencanaan Audit


Pertimbangan dalam perencanan audit meliputi: |accounting-media.blogspot.com|
a)      Materialitas : arti penting dari utang jangka panjang dalam posisi keuangan berbagai perusahan dapat saja berbeda-beda. Pada umumnya di perusahaan, perbandingan utang jangka panjang terhadap total kewajiban dan ekuitas pemegang saham tidak material, tetapi pada perusahaan-perusahaan seperti PLN, perusahaan gas dan air minum utang jangka panjang bisa mencerminkan lebih dari 50% klaim atas total aktiva.

b)      Risiko bawaan : risiko salah saji dalam pelaksanaan dan pencatatan transaksi-transaksi siklus keuangan biasanya rendah, dimana dalam kebanyakan perusahaan transaksi-transaksi siklus ini jarang terjadi kecuali untuk pembayaran bunga dan dividen, yang kadang-kadang ditangani oleh pihak luar. Disamping itu juga, transaksi-transaksi semacam ini kebanyakan membutuhkan otorisasi  dari dewan komisaris dan pejabat perusahaan terlibat dalam pelaksanaannya.
c)      Risiko prosedur analitis : merupakan elemen risiko deteksi yang berupa kegagalan prosedur  analitis dalam mendeteksi kekeliruan material.
d)     Risiko pengendalian: dalam lingkungan pengendalian, tanggung jawab atas transaksi biasanya dibebankan pada kepala  departemen yang harus memiliki integritas dan kompetensi untuk melakukan tugas-tugas. 

Related : Perencanaan Audit

0 Response to " Perencanaan Audit "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..