Fungsi dan Kegunaan Budget


Accounting Media - Setelah saya menjelaskan tentang Pengertian Anggaran, kali ini saya akan menjelaskan mengenai Fungsi dan Kegunaan Budget. Budget memiliki tiga fungsi dan kegunaan pokok, yaitu:


  1.  Sebagai pedoman kerja
Budget sebagai pedoman kerja dan memberikan arah serta sekaligus memberikan tugas dan target-target yang harus dicapai oleh para karyawan dalam jangka waktu tertentu yang akan datang.
    Sebagai alat pengkoordinasian kerja
Budget berfungsi sebagai alat manajemen untuk mengkoordinasikan kerja seluruh bagian dalam perusahaan, agar saling menunjang, saling bekerja sama secara sinergis, dalam rangka menuju sasaran yang telah ditetapkan.
  3.  Sebagaai alat evaluasi (pengawasan) kerja
Budget berfungsi sebagai tolak ukur, sebagai alat pembanding untuk menilai (evaluasi) realisasi kegiatan perusahaan nanti. Ini berarti bahwa budget berfungsi sebagai alat manajemen untuk menilai kinerja para karyawan dalam menjalankan tugas dan kewajiban yang telah dibebankan kepada mereka. Dengan membandingkan antara apa yang tertuang dalam budget, dengan apa yang telah dicapai oleh realisasi kerja karyawan, dapat dinilai bahwa perusahaan telah sukses dalam menjalankan kerja, ataukah kurang sukses bekerja. Apakah perusahaan telah bekerja secara efisien, ataukah bekerja kurang efisien. Dari analisis perbandingan tersebut akan dapat diketahui pula sebab-sebab terjadinya penyimpangan-penyimpangan antara budget dan realisasinya. Dengan demikian dapat diketahui kelemahan-kelemahan dan kekuatan-kekuatan yang dimiliki perusahaan. Hal ini akan sangat berguna bagi manajemen untuk menyususn rencana-rencana atau kebijakan-kebijakan di waktu yang akan datang.

Itulah fungsi dan kegunaan budget. Sangat penting untuk dipahami agar didalam penyusunan anggaran (budget) dapat sesuai dengan apa yang diinginkan perusahaan. Terimakasih.
Tags :

Related : Fungsi dan Kegunaan Budget

0 Response to " Fungsi dan Kegunaan Budget "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..