Fungsi dan Manfaat Anggaran


Accounting Media - Anggaran mempunyai banyak manfaat antara lain :
1.      Segala kegiatan dapat terarah pada pencapaian tujuan bersama
2.      Dapat digunakan sebagai alat menilai kelebihan dan kekurangan pegawai

3.      Dapat memotivasi pegawai
4.      Menimbulkan rasa tanggung jawab pada pegawai
5.      Menghindari pemborosan dan pembayaran yang kurang perlu
6.      Sumber daya seperti tenaga kerja, peralatan, dan dana dapat dimanfaatkan seefesien mungkin
7.      Alat pendidikan bagi para manajer

Anggaran juga mempunyai fungsi yang sama dengan manajemen yang meliputi :
1.      Fungsi perencanaan
Anggaran merupakan alat perencanaan tertulis yang menuntut pemikiran teliti karena anggaran memberikan gambaran yang lebih jelas dan nyata dalam unit dan uang.
Misalnya tahun 2010 perusahaan merencanakan memperoleh laba setinggi-tingginya. Rencana yang dirumuskan dengan konteks setinggi-tingginya ini tidak jelas maksudnya. Karena laba setinggi-tingginya bagi perusahaan yang satu dengan yang lain berbeda. Dalam anggaran rencana laba setinggi-tingginya dirumuskan secara teliti dan nyata yaitu dinyatakan dengan kualitatif.
2.      Fungsi pelaksanaan
Anggaran merupakan pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan, sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan secara selaras dalam mencapai tujuan. Jadi anggaran penting untuk menyelaraskan (koordinasi) setiap bagian kegiatan.
3.      Fungsi penawaran
Anggaran merupakan alat pengendalian/pengawasan. Pengawasan bearti melakukan evaluasi (menilai) atas pelaksanaan pekerjaan dengan cara :
a.       Membandingkan realisasi dengan anggaran
b.      Melakukan tindakan perbaikan apabila dipandang perlu (jika ada penyimpangan yang merugikan)
Misalnya penjualan sambal pedas telah dianggarkan tahun 2010 sebanyak 20.000 botol @ Rp 3.000 = Rp 60.000,00, namun dalam realisasinya hanya terjual 18.000 botol @ Rp 3.000 = Rp 54.000,00. Harga jual perbotol sama dengan anggaran yaitu Rp 3.000 namun karena unit yang terjual kurang dari yang dianggarkan yaitu hanya 18.000 botol.
(sedangkan yang dianggarkan 20.000 botol) maka realisasi penjualan tahun 2010 hanya Rp 54.000.000 dibawah anggaran penjualan sebesar Rp 60.000.000. berdasarkan hasil perbandingan tersebut diadakan perbaikan. Apabila yang tercapainya penjualan tersebut disebabkan kurang aktifnya bagian penjualan, maka usaha perbaikan yang dapat dilakukan antara lain meningkatkan motivasi bagian penjualan dengan pemberian komisi atau bonus.

Tags :

Related : Fungsi dan Manfaat Anggaran

0 Response to " Fungsi dan Manfaat Anggaran "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..