Hubungan Budgeting dengan Akuntansi


Accounting Media – Akuntansi dapat diartikan sebagai suatu cara yang sistematis untuk melakukan pencatatan, penggolongan, peringkasan, analisis, serta interpretasi terhadap peristiwa-peristiwa keuangan (financial) yang terjadi dalam perusahaan. Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa Akuntansi menyajikan data-data historis. Sedangkan budget menyajikan data taksiran-taksiran untuk jangka waktu tertentu dimasa yang akan datang. Apabila dihubungkan, maka akan terlihat bahwa antara Budget dan Akuntansi mempunyai kaitan yang erat, yaitu:


1.     Akuntansi menyajikan data-data historis yang sangat dibutuhkan untuk melakukan penaksiran-penaksiran yang akurat (forecasting), yang nantinya akan dituangkan dalam Budget. Atau dengan kata lain Akuntansi menyediakan data yang dibutuhkan dalam penyusunan Budget.
2.     Akuntansi nantinya akan melakukan pencatatan secara sistematis dan teratur tentang realisasi pelaksanaan Budget tersebut. Dengan demikian Akuntansi menyajikan data lengkap tentang seluruh realisasi pelaksanaan Budget. Dengan kata lain, dengan membandingkan antara data Akuntansi dengan data Budget, dapat dinilai apakah perusahaan telah sukses dalam bekerja atau tidak, telah efisien dalam bekarja atau tidak.
Oleh karena Akuntansi berperan sebagai pemasok data untuk menyusun Budget, dan sekaligus berperan sebagai tolak ukur untuk mengevaluasi pelaksanaan Budget, maka pencatatan dan semua sistematika yang dipakai dalam Akuntansi harus sejalan dengan teknik pencatatan dan sistematika dalam Budget. Terimakasih. 
Tags :

Related : Hubungan Budgeting dengan Akuntansi

0 Response to " Hubungan Budgeting dengan Akuntansi "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..