Hubungan Budgeting dengan Manajemen

Accounting Media – Setelah menjelakan tentang Hubungan Budgeting dengan Akuntansi, pada artikel saya ini akan menjelaskan tentang hubungan Budgeting dengan salah satu ilmu lain yaitu Manajemen.


Manajemen diartikan sebagai suatu ilmu dan seni untuk membuat perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing), pengkoordinasian (coordinating), dan pengawasan (controlling) terhadap orang-orang dan barang-barang, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dari pengertian tersebut nampak hubungan antara Budget dan Manajemen. Fungsi Budget yang pokok adalah sebagai pedoman kerja, alat pengkoordinasian kerja, dan alat pengawasan kerja. Apabila dibandingkan dengan kelima fungsi manajemen tersebut, nampak bahwa Budget memiliki kaitan erat dengan Manajemen, khususnya dalam hal penyusunan rencana (planning), pengkoordinasian kerja (coordinating), dan pengawasan kerja (controlling).atau dengan kata lain, Budget membantu Manajemen dalam menjalankan fungsi-fungsinya.
Budget sebagai sebuah alat bagi manajemen (manajer) juga mengandung beberapa kelemahan, antara lain:
1.      Budget disusun dengan melakukan penaksiran-penaksiran (forecasting). Betapapun cermatnya penaksiran tersebut dilakukan, namun tetap sulit mendapatkan hasil taksiran (forecast) yang benar-benar akurat dan sama sekali tidak berbeda dengan kenyataan nanti.
2.      Taksiran-taksiran dalam Budget yang diperoleh dengan mempertimbangkan berbagai faktor, data dan informasi, baik yang bersifat terkendali (controllable) maupu yang bersifat tak terkendali (uncontrollable). Dengan demikian, jika terjadi perubahan-perubahan terhadap faktor, data dan informasi tersebut, maka akan berubah pula keakuratan hasil taksiran yang bersangkutan.
3.      Berhasil atau gagalnya realisasi pelaksanaan sebuah Budget sangat bergantung pada orang-orang pelaksananya. Budget yang baik daan sempurna tidak akan bisa direalisasikan dengan baik apabila para pelaksanyanya tidak mempunyai keterampilan serta kemampuan yang memadai. 
Tags :

Related : Hubungan Budgeting dengan Manajemen

0 Response to " Hubungan Budgeting dengan Manajemen "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..