Isi Anggaran (Budgeting)


Accounting Media – Apakah isi dari Anggaran (Budget) itu? Hanya catatan saja atau berbentuk seperti laporan? Suatu Budget yang baik haruslah mencakup seluruh kegiatan perusahaan, sehingga Fungsi Budget dapat berjalan dengan baik. Budget yang menyeluruh dapat disebut sebagai Budget Komprehensif (Comprehensive Budget). Secara garis besar isi dari sebuah Budget Komprehensif terdiri dari:


1.      Budget Penaksiran (Forecasting Budget)
Budget yang memuat seluruh taksiran-taksiran (forecast), baik taksiran tentang kegiatan-kegiatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu yang akan datang, maupun taksiran-taksiran tentang keadaan keuangan perusahaan pada suatu saat tertentu yang akan datang.
2.      Budget Variabel (Variable Budget)
Budget yang memuat tentang tingkat perubahan biaya-biaya tidak langsung, atau tingkat variabilitas biaya-biaya tidak langsung, sehubungan dengan adanya perubahan aktivitas perusahaan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Budget Variabel merupakan Budget yang memuat berbagai standar biaya yang termasuk dalam kelompok biaya tidak langsung.
3.      Analisis Statistika dan Matematika Pembantu
Berisi berbagai analisis statistika dan matematika yang terutama dilakukan dalam tahap mengolah data dan informasi untuk memperoleh taksiran-taksiran guna menyusun Budget, dan berbagai analisis untuk keperluan evaluasi terhadap realisasi pelaksanaan Budget. Semua analisis tersebut ikut dimuat pula dalam Budget Komprehensif, agar setiap waktu dapat diketahui, dapat diperiksa ulang, dan dapat dinilai apakah metode analisis yang telah dipergunakan terbukti tepat ataukah keliru.
4.      Laporan Budget (Budget Report)
Laporan tentang realisasi pelaksanaan Budget, yang dilengkapi dengan analisis perbandingan antara Budget dengan realisasinya, sehingga dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang mungkin telah terjadi, baik penyimpangan yang bersifat positif (menguntungkan), maupun yang bersifat negative (merugikan). Dari analisis tersebut akan diketahui sebab-sebab terjadinya penyimpangan-penyimpangan, sehingga dapat dibuat berbagai kesimpulan, yang nantinya bermanfaat untuk merumuskan kebijakan-kebijakan tindak lanjut (follow up).
Demikianlah penjelasan saya mengenai isi dari Budget itu sendiri. Sumber artikel ini dari Buku “Budgeting” karya Drs. M. Munandar yang diterbitkan oleh BPFE-Yogyakarta. Terimakasih.

Tags :

Related : Isi Anggaran (Budgeting)

0 Response to " Isi Anggaran (Budgeting) "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..