Karakter Entrepreneur

Accounting Media - Setiap manusia dalam kehidupan ini tidak lepas dari kehidupan manusia lainnya. Hal ini menyebabkan setiap individu mempunyai karakter yang dibentuk oleh lingkungan kesehariannya. Begitupun halnya seorang entrepreneur, ia harus mempunyai karakter yang kuat agar apa yang ia kerjakan sebagai seorang entrepreneur bukan hanya sebatas berbisnis, tetapi bagaimana agar apa yang ia punyai berkembang dan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. Lalu apa saja karakter yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur?


  1.  Kuat
Seorang entrepreneur adalah orang yang kuat. Kuat fisik, kuat mental dan kuat ilmu. Ketiga kekuatan ini penting dimiliki oleh seorang entrepreneur. Karena apabila satu dari ketiga hal itu hilang maka akan menyebabkan ketidakseimbangan.
  2.  Persisten
Seorang entrepreneur juga harus memiliki jiwa persisten atau kemauan yang kuat, gigih, ngotot, untuk menjadi yang terbaik. Hal ini sangat penting mengingat dunia entrepreneurship sangatlah dinamis. Artinya, perubahan dalam dunia bisnis itu sangat cepat sekali. Ketika sikap persisten ini tidak ada maka kita akan dikalahkan oleh keadaan.
  3.  Ambisius
Ambisius adalah sikap yang harus sikap yang dimiliki oleh seorang entrepreneur. Ambisi adalah salah satu bahan bakar atau pendorong yang sangat kuat untuk mengubah seseorang menjadi orang yang lebih hebat dan sukses dalam bidang entrepreneur.
  4.  Big Dreamer
Impian adalah sesuatu yang benar-benar diinginkan, baik berupa meteriil maupun immaterial, yang membangkitkan energy seseorang untuk bekerja keras demi mewujudkan impian itu. Impian adalah salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia. Sayangnya, orang tua kita justru melarang kita untuk memiliki impian yang besar. Inilah yang menyebabkan di Indonesia hanya memiliki sedikit remaja aatau pemuda dengan impian besar. Ketika kita sudah masuk dalam dunia bisnis, impian-impian besar menjadi sebuah keharusan.
  5.  Kreatif
Sekarang ini banyak bisnis dengan konsep dan system yang serupa. Konsep dan system yang sama menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalaam dunia bisnis. Semakin keta persaingan maka semakin banyak pebisnis yang gulung tikar. Fenomena ini tentu dapat dijadikan pelajaran bagi kita sebagai seorang entrepreneur. Entrepreneur yang kreatiflah yang akan bertahan dalam bisnisnya. Oleh karena itu, kreativitas menjadi salah satu modal dasar dalam pengembangan bisnis.

Itu adalah lima karakter yang harus dimiliki oleh seoraang entrepreneur. Apakah untuk menjadi seorang entrepreneur wajib memiliki kelima karakter tersebut? Jawaban saya adalah Wajib. Mengapa? Tanamkanlah kelima karakter tersebut di diri Anda. Pasti Anda akan temukan jawabannya sendiri.
Sumber artikel saya ini adalah dari buku “44 Tips Rahasia Bisnis” karya Bayu Prasetyo yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Terimakasih.
Tags :

Related : Karakter Entrepreneur

0 Response to " Karakter Entrepreneur "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..