Perbedaan Sistem Akuntansi TBC dan ABC

Aplikasi Penyusunan Anggaran

Analisa anggaran usaha Anda

Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran

Accounting Media - Setelah membahas Perkembangan Sistem Akuntansi Pertanggungjawaban di postingan sebelumnya. Mari kita lihat apa perbedaan Sistem Akuntansi pertanggungjawaban tradisional (TBC) dengan Akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan aktivitas (ABC). Perbedaannya sebagai berikut.


Perbedaan
TBC
ABC
1.
Pemusatan pengendalian Manajemen
Biaya
Terhadap aktivitas yg mjd penyebeb terjadinya biaya ,dgn tujuan untuk menurunkan biaya secara bersinambung

2.
Manfaat
a. Dasar penyusunan anggaran
b.Penilaian kinerja  manajer pusat pertanggungjawaban.
c.   Pemotivasian manajer
a. Mengelola aktivitas, dengan cara mengarahkan usaha manajemen dalam mengurangi dan akhirnya menghilangkan biaya bukan penambah nilai ( non value added cost )
b. Memantau efektivitas program pengelolaan aktivitas.
3.
Perancangan sistem akuntansi pertanggungjawaban
Didasarkan asumsi tentang perilaku manusia :
a. Pengelolaan berdasarkan penyimpangan (management by exception), pengendalian operasi secara efektif yang memadai
-          b- Pengelolaan berdasarkan tujuan (management by objective), menghasilkan anggaran yang disepakati,biaya standar,sasaran organisasi dan rencana yang dilaksanakan
-          c.  Struktur pertanggungjawaban sesuai dengan struktur hirarki organisasi
-           d. Manajer dan  bawahannya bersedia untuk menerima tanggungjawab yg dibebankan kpd mrk melalui hirarki organisasi
e. Sistem akuntansi pertanggungjawaban mendorong kerjasama bukan kompetisi

a. Pengurangan biaya hrs mrpk hasil dari program pengelolaan aktivitas-
b. Harus memisahkan biaya penambah nilai dan biaya bukan penambah nilai
diperlukan agar manajemen :
- memusatkan perhatian mereka thp pengurangan dan akhirnya penghilangan biaya bukan penambah nilai.
- Menyadari besarnya pemborosan yg skg sdg terjadi
-Memantau efektivitas program pengelolaan aktivitas dgn menyajikan biaya bukan penambah nilai kepada manajemen dalam bentuk perbandingan antar periode
4.
Sistem pertanggungjawaban
Memiliki 4 karakter :
a. Adanya identifikasi pusat pertanggungjawaban
b. Standar ditetapkan sbg tolak ukur kinerja manajer yg bertanggungjawab atas pusat pertanggungjawaban terentu
c. Kinerja manajer diukur dengan membandingkan realisasi dengan anggaran
d. Manajer secara individual diberi penghargaan atau hukuman berdasarkan kebijakan manajemen tertinggi


a.    Memfokuskan aktivitas yang dilaksanakan oleh beberapa manajer, menembus batas-batas pusat pertanggungjawaban.
b.    Maksimalisasi pengendalian biaya setiap pusat pertanggungjawaban secara individual tidak selalu berarti maksimalisasi pengendalian biaya secara keseluruhan.
5.
Sistem Pelaporan
a.Setiap pusat pertanggungjawaban diberi kode (kode organisasi)/organization code.
- Jenjang organisasi dibagi 3 tingkat : diireksi,departemen dan tingkat bagian.
- Angka satu menunjukkan jenjang direksi,dua jenjang departemen,tiga jenjang bagian
b. Jenis laporan yg dihasilkan oleh fungsi akuntansi biaya di golongkan menjadi :
- Laporan pertanggungjawaban biaya (responsibility cost reports)
- Laporan kos produk (cosr of production reports).

a.Laporan biaya berdasrkan aktivitas (activity –based cost report) yg berisi biaya penambah dan bukan penambah nilai.
b. Landasan penting untuk menghitung & mengidentifikasi biaya penambah & bukan penambah nilai adalah identifikasi cost driver utk setiap aktivitas.
“cost driver : suatu faktor yg menjadi penyebab (pendorong) timbulnya biaya aktivitas tertentu.
6.
Sistem Pengolahan informasi akuntansi pertanggungjawaban
a.Mrp sistem pengolahan informasi biaya,dgn cara menggolongkan,mencatat dan meringkas biaya dlm hub.nya dgn jenjang manajemen yg bertanggung jwb atas terjadinya biaya.
b.Biaya-biaya digolongkan & diberi kode  sesuai dgn tkt manajemen yg mrpk pusat pertanggungjawaban
c.Dipisahkan antara biaya terkendalikan dan biaya tdk terkendalikan
d.Prosedur pegumpulan data biaya berdasar dokumen sumber dan secara periodik
e. Pembebanan tanggung jawab berdsarkan 3 metode:
 - Berdasar kapasitas pelayanan
 - Berdasar kapasitas pelayanan & pemakaian
- Berdasar pemakaian
a.Menghilangkan aktivitas bukan penambah nilai  dgn informasi umpan balik  untuk menilai  pengurangan biaya apakah  benar-benar terwujud.
b. Melakukan perbandingan biaya setiap aktivitas antarperiode akuntansi. Jk aktivitas yg dilakukan manajemen efektif maka hasilnya dpt menurunkan biaya aktivitas bukan penambah nilai.
c. Manajemen dapat memantau hasil program penghapusan aktivitas bukan penambah nilai dan jumlah biaya yang dihemat sampai saat tertentu.
d. Manajemen dpt memperoleh informasi seberapa besar kesempatan yg tersedia untuk melakukan perbaikan aktivitas dan penurunan biaya

Related : Perbedaan Sistem Akuntansi TBC dan ABC