Jenis Skala Penelitian


Accounting Media -  Menurut Zikmund (1997) penentuan skala pada dasarnya adalah pemilihan ukuran apa suatu data akan diukur. Pada umumnya jenis skala dapat dibagi menjadi empat jenis yaitu: skala nominal, skala ordinal, skala interval, dan skala rasio. Berikut adalah ulasan dari masing-masing jenis skala penelitian tersebut.

  1.  Skala Nominal (Nominal Scale)
Skala jenis ini, merupakan yang paling sederhana, dimana angka yang melekat pada objek diperlukan sebagai label atau pembeda antara objek yang satu dengan objek yang lain. Skala nominal dipakai untuk melakukan identifikasi terhadap status atau kategori dari kelompok responden saja, misalnya jenis kelamin, agama, ras, asal daerah, status perkawinan, dan sebagainya.
  2.  Skala Ordinal (Ordinal Scale)
Skala ordinal adalah skala yang menunjukan posisi atau hirarki dari suatu angka, jadi angka satu selalu mendahui angka 2, 3, dan seterusnya. Skala jenis ini biasanya dipergunakan untuk memberikan pilihan bagi responden tentang arah jawaban yang diinginkan peneliti. Misalnya peneliti memberikan pilihan mengenai berapa tahun pengalaman kerja dari seorang responden, dengan menyediakan pilihan jawaban kurang dari 1 tahun, lebih dari 1 tahun namun kurang dari 3 tahun, dan pilihan terakhir adalah lebih dari 3 tahun.
  3.  Skala Interval (Interval Scale)
Skala interval tidak hanya memberikan informasi tentang urutan ataau hirarki dari satu objek terhadap satu objek yang lain, tetapi juga memberikan informasi tentang jarak yang ada diantara urutan tersebut. Skala interval ini tidak menempatkan nilai nol sebagai dasar suatu pengukuran.
  4.  Skala Rasio (Ratio Scale)
Skala rasio adalah skala dimana angka mempunyai makna yang sesungguhnya, sehingga angka nol dalam skala ini diperlakukan sebagai dasar perhitungan dan pengukuran objek penelitian.

Demikianlah sedikit penjelasan dari ke empat jenis skala penelitian. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Related : Jenis Skala Penelitian

0 Response to " Jenis Skala Penelitian "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..