Pengertian Teori


Accounting Media – Dalam dunia akademik kita sering menemui istilah teori, konsep, dan asumsi. Apa yang Anda ketahui tentang ketiga hal tersebut? Pada artikel ini, saya akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian ketiga hal tersebut.

Teori adalah sekumpulan ide, pengetahuan tentang suatu hal, dan konsep-konsep yang terorganisasi dan saling terkait satu dengan lainnya yang membentuk pengetahuan bagaimana sebuah fenomena terjadi. Teori memberikan berbagai alternatif scenario tentang apa yang sudah, sedang dan/atau akan terjadi. Teori, secara ideal dapat digunakan untuk memahami, menjelaskan, memprediksi serta mengendalikan sebuah fenomena untuk memperoleh hasil tertentu yang diharapkan.
Dengan mengacu pada pengertian diatas, maka Konsep merupakan bangunan-bangunan yang membentuk teori tersebut. Jika teori merupakan scenario terjadinya sebuah fenomena, makan konsep merupakan benda-benda yang terlihat dalam scenario tersebut.
Sedangkan, Asumsi adalah suatu kondisi yang harus terpenuhi untuk berlakunya sebuah teori. Asumsi juga dianggap sebagai titik awal (starting point) dalam merumuskan sebuah teori.

Demikian sedikit penjelasan saya mengenai Pengertian dari Teori, Konsep dan Asumsi. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Related : Pengertian Teori

0 Response to " Pengertian Teori "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..