Tujuan Penelitian


Accounting Media – Berdasarkan tujuannya, penelitian dapat dibedakan menjadi exploratory, descriptive, explanatory, dan experimental research (Neuman 2003; Sekaran 2003). Dalam postingan saya kali ini saya akan menjelaskan tujuan dari masing-masing penelitian diatas.

Penelitian Eksplorasi (Exploratory Research), bertujuan untuk mendapatkan gambaran awal mengenai suatu fenomena yang belum pernah/sangat sedikit diketahui/diteliti sebelumnya. Focus penelitian ini adaalah menjawab “apa” (what). Pada penelitian ini, peneliti hendak mengenali fakta-fakta utama dan situasi yang ada pada sebuah fenomena yang belum banyak dikenal sehingga dapat menciptakan deskripsi yang masih umum sifatnya.
Penelitian Deskriptif (Descriptive Research), bertujuan memberikan gambaran tentang detil-detil spesifik dari sebuah situasi, lingkungan social, atau hubungan. Penelitian eksplorasi dan deskriptif memiliki banyak kemiripan namum focus dalam penelitian deskriptif lebih untuk menjawab “bagaimana” (how) dan “siapa” (who).
Explanatory Research, bertujuan untuk mencari sebab dan alasan dari terjadinya sebuah fenomena, tidak hanya what, who dan how namun juga menjawab ”mengapa” (why).
Penelitian Eksperimental (Experimental Research), bertujuan untuk mencari reaksi dari individu-individu yang sejenis terhadap berbagai lingkungan yang berbeda atau individu-individu yang berbeda terhadap lingkungan yang sama. Penelitian ini melibatkan usaha peneliti secara aktif untuk memungkinkan terciptanya kondisi-kondisi yang berbeda-beda baik alamiah/tidak agar dapat dilakukan pembandingan terhadap reaksi-reaksi diatas.

Related : Tujuan Penelitian

0 Response to " Tujuan Penelitian "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..