Strategi Pemasaran


Accounting Media – Pendistribusian produk-produk tentunya membutuhkan strategi pemasaran. Dalam membuat strategi pemasaran diperlukan kreativitas dan fleksibilitas dalam konsep, di samping perlu memperlihatkan atau mengantisipasi perubahan situasi dan problem yang diperkirakan akan muncul sebagai akibat dari semakin ketatnya persaingan pasar. Hal ini tidak dapat dilepaskan dari evaluasi tentang Bauran Pemasaran (Marketing Mix).

Selain berpegang pada Bauran Pemasaran, dalam strategi pemasaran ini juga memperhatikan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Treat). Berikut adalah penjelasan mengenai SWOT.
  1.  Kekuatan (Strength), yaitu perlunya menganalisis kekuatan diri maupun kakuatan pesaing untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif, efisien, dan tepat sasaran.
  2.  Kelemahan (Weakness), yaitu perlunya menganalisis kelemahan-kelemahan diri, sehingga dapat dijadikan pelajaran berharga bagi perbaikan-perbaikan strategi pemasaran yang dijalankan, dan juga menganalisis kelemaahan-kelemahan pesaing agar dapat “dimanfaatkan” secara wajar untuk kepentingan bisnis.
  3.  Peluang (Opportunity), yaitu perlunya kejelian untuk memanfaatkan peluang-peluang pasar yang ada, misalnya kecenderungan selera tertentu dari konsumen, kurangnya persediaan produk pesaing, meningkatnya daya beli masyarakat, dan lain-lain.
  4.  Ancaman (Treat), yaitu perlunya menganalisis berbagai kemungkinan yang dapat mengancam rusaknya strategi pemasaran yang sedang dijalankan. Ancaman ini dapat datang dari dalam maupun luar, sehingga dalam hal ini betul-betul diperlukan kewaspadaan.

Demikian penjelasan singkat mengenai Strategi Pemasaran berbasis SWOT. Sumber artikel ini dari buku “Kewirausahaan: Teori, Praktik, dan Kasus-kasus” Leonardus Saiman yang diterbitkan oleh Salemba Empat. Terimakasih.

Related : Strategi Pemasaran

0 Response to " Strategi Pemasaran "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..