Biaya Non Produksi


Accounting MediaBiaya nonproduksi adalah biaya yang berkaitan dengan fungsi desain, pengembangan, pemasaran, distribusi, layanan pelanggan, dan administrasi umum. Biaya nonproduksi sering dibagi dalam dua kategori umum: biaya penjualan yang mencakup biaya pemasaran, distribusi, layanan pelanggan; dan biaya administrasi yang mencakup biaya desain, pengembangan, dan administrasi umum.

Untuk pelaporan keuangan eksternal, biaya penjualan dan administrasi disebut biaya yang tidak dapat diinventarisasi (noninventoriable cost) dibebankan dalam periode waktu terjadinya. Jadi, biaya-biaya ini tidak ada satu pun yang dapat dibebankan pada produk atau muncul sebagai bagian dari nilai persediaan yang dilaporkan pada neraca. Pada perusahaan manufaktur, biaya ini dapat mencapai jumlah yang signifikan (biasanya lebih besar 25% dari pendapatan penjualan). Pada organisasi jasa, kepentingan relative dari biaya penjualan dan administrasi bergantung pada sifat jasa yang dproduksi.
Biaya-biaya yang diperlukan untuk memasarkan, mendistribusikan, dan melayani produk atau jasa merupakan biaya pemasaran (penjualan). Contoh biaya penjualan mencakup gaji dan komisi tenaga penjual, iklan, pengundangan, pengiriman, dan layanan pelanggan. Seluruh biaya yang berkaitan dengan penelitian, pengembangan, dan administrasi umum pada organisasi yang tidak dapat dibebankan dalam pemasaran ataupun produksi, dikelompokkan sebagai biaya administrasi. Administrasi umum bertanggungjawab dalam memastikan bahwa berbagaai aktivitas organisasi terintegrasi secara tepat sehingga misi perusahaan secara keseluruhan dapat terealisasi. Contoh biaya administrasi umum adalah gaji eksekutif puncak, biaya jasa konsultasi hukum, pencetakan laporan tahunan, dan akuntansi umum. Biaya penelitian dan pengembangan adalah biaya yang berkaitan dengan desain pengembangan produk baru.
Tags :

Related : Biaya Non Produksi

0 Response to " Biaya Non Produksi "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..