Klasifikasi Biaya Produksi


Accounting Media – Biaya Produksi adalah biaya yang berkaitan dengan pembuatan barang dan penyediaan jasa. Biaya produksi dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead. Dalam pelaporan keuangan eksternal, hanya ketiga elemen biaya ini yang dapat dibebankan pada produk.

Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga jenis biaya produksi tersebut.
Bahan Langsung. Bahan langsung adalah bahan yang dapat ditelusuri secara langsung pada barang atau jasa yang sedang diproduksi.biaya bahan ini dapat langsung dibebankan pada produk karena pengamatan secara fisik dapat digunakan untuk mengukur kuantitas yang dikonsumsi setiap produk. Bahan yang menjadi bagian produk berwujud maupun bahan yang digunakan dalam penyediaan jasa umumnya diklasifikasikan sebagai bahan langsung. Sebagai contoh, kayu pada perabotan, besi pada rangka kendaraan, kain pada pakaian, dan lainnya.
Tenaga Kerja Langsung. Tenaga kerja langsung adalah tenaga kerja yang dapat ditelusuri secara langsung pada barang atau jasa yang sedang diproduksi. Seperti pada bahan langsung, pengamatan secara fisik dapat digunakan dalam mengukur kuantitas karyawan yang terlibat dalam memproduksi suatu produk barang dan jasa. Karyawan yang mengubah bahan baku menjadi produk atau menyediakan jasa kepada pelanggan diklasifikasikan sebagai tenaga kerja langsung.
Overhead. Semua biaya produksi selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung dikelompokkan dalam satu kategori yang disebut overhead. Pada perusahaan manufaktur, overhead juga dikenal sebagai beban pabrik. Kategori biaya overhead memuat berbagai hal. Selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung, banyak masukan diperlukan untuk membuat suatu produk. Contohnya, dalam pembuatan rangka sebuah mobil, besi-besi harus disatukan dengan cara di las. Proses peng-lasan ini membutuhkan biaya listrik dan pengawasan.
Tags :

Related : Klasifikasi Biaya Produksi

0 Response to " Klasifikasi Biaya Produksi "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..