Pengertian Manajemen Strategi


Accounting Media – “Manajemen Strategi” terdiri atas dua suku kata yang dapat dipilah menjadi kata “manajemen” dan “strategi”. Sebelum menjelaskan mengenai Manajemen Strategi, kita harus memahami terlebih dahulu mengenai definisi atau pengertian dari kedua suku kata tersebut.

Definisi manajemen diambilkan dari definisi yang diungkapkan oleh Nawawi (2003:52) yaitu: Manajemen merupakan serangkaian proses yang terdiri atas perencanaan (planning), pengorganisaian (organizing), pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling), dan penganggaran (budgeting).
Sedangkan kata yang kedua adalah “strategi” yang berasal dari bahasa Yunani strategos atau strategeus. Strategos berarti jenderal, namun dalam Yunani Kuno sering berarti perwira tinggi dengan fungsi yang luas (Salusu 2003:85). Pendapat lain mendefinisikan “strategi” sebagai kerangka kerja (framework), teknik dan rencana yang bersifat spesifik atau khusus (Rabin dkk., 2000). Hamel dan Prahalad dalam Umar (2002) menyebutkan kompetensi inti sebagai suatu hal yang penting. Mereka mendefinisikan strategi sebagai berikut: Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.
Jadi, apabila dijadikan satu kesatuan Manajemen Strategi merupakan pendekatan sistematis untuk memformulasikan, mewujudkan, dan mengawasi strategi (Toft dalam Rabin dkk., 2000:1). Pendapat lain dikemukakan oleh Thompson (2003) sebagai berikut:
Manajemen Strategi merujuk pada proses manajerial untuk membentuk visi strategi, penyusunan objektif, penciptaan strategi mewujudkan dan melaksanakan strategi dan kemudian sepanjang waktu melakukan penyesuaian dan koreksi terhadap visi, objektif strategi dan pelaksanaan tersebut.
Sedangkan Siagian (2004) mendefinisikan Menejemen Strategi sebagai berikut:
Manajemen strategi merupakan serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut.

Dari kedua definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Manajemen Strategi adalah proses manajerial yang berisi serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang ditetapkan oleh menejemen puncak yang berisi, visi, misi, sasaran, dan target organisasi yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi tersebut. Terimakasih.

Related : Pengertian Manajemen Strategi

1 Response to " Pengertian Manajemen Strategi "

  1. Terima kasih info tentang manajemen itu sangat bermanfaat sekali. Dan juga pekerjaan sebagai konsultan manajemen masih sangat menjanjikan.

    ReplyDelete

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..