Perbedaan Wirausahawan dan Karyawan


Accounting Media – Apakah menjadi seorang wirausahawan selalu menguntungkan? Apakah menjadi seorang karyawan (bekerja untuk orang lain) juga menguntungkan? Tentu saja jawaban dari kedua pertanyaan tersebut adalah belum pasti. Kedua jenis pekerjaan tersebut memiliki perbedaan. Perbedaan ini dapat menjadi tolak ukur apakah menjadi wirausahawan lebih menguntungkan dan menjanjikan dibandingkan sebagai karyawan? Atau malah sebaliknya?

Berikut adalah perbedaan esensial antara Wirausahawan dan Karyawan :
WIRAUSAHAWAN
1.      Penghasilan bervariasi atau tidak teratur, sehingga pada tahap awal sulit mengatur karena penghasilan tidak pasti
2.      Memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi orang kaya, penghasilan sebulan dapat menutupi pengeluaran atau biaya hidup untuk satu tahun
3.      Pekerjaan bersifat tidak rutin
4.      Kebebasan waktu yang tinggi (tidak terikat oleh jam kerja)
5.      Tidak ada kepastian (ketidakpastian tinggi) dalam banyak hal termasuk meramalkan keuntungan atau kekayaan
6.      Kreativitas atau inovasi dituntut setiap saat
7.      Ketergantungan rendah
8.      Berbagai risiko tinggi (asset dapat hilang bila dijadikan sebagai agunan dalam pinjaman) dan usahanya bangkrut
9.      Terbuka peluang untuk menjadi bos
10.  Tanggung jawab besar
KARYAWAN
1.      Memiliki penghasilan pasti atau teratur, sehingga mudah diatur meskipun gaji kecil
2.      Peluang kaya relatif (sangat tergantung kemujuran dan karier)
3.      Pekerjaan bersifat rutin
4.      Waktu tidak bebas (terikat) pada jadwal atau jam kerja perusahaan
5.      Ada kepastian (dapat diprediksi) dalam banyak hal, keuntungan atau kekayaaan dapat diramalkan/dihitung
6.      Bersifat menunggu instruksi/perintah
7.      Ketergantungan tinggi
8.      Risiko relatif rendah bahkan dapat diramalkan
9.      Menjadi bos relatif sulit apalagi bekerja pada perusahaan keluarga
10.  Tanggung jawab relatif

Demikian beberapa perbedaan antara Wirausahawan dan Karyawan. Diharapkan Anda dapat memilih diantara keduanya dengan bijak, karena kedua jenis pekerjaan tersebut masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian. Terimakasih.

Related : Perbedaan Wirausahawan dan Karyawan

1 Response to " Perbedaan Wirausahawan dan Karyawan "

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    ReplyDelete

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..