Figur Pemimpin Ideal


Accounting Media – Pemimpin merupakan seseorang yang sangat berpengeruh dalam sebuah organisasi. Pemimpin mempunyai kekuasaan terhadap organisasi yang dipimpinnya. Di dalam memilih seorang pemimpin harus tepat dan cermat. Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mampu membawa organisasinya menjadi maju dan dapat mensejahterakan para bawahannya. Jangan sampai Anda salah memilih pemimpin, karena aka nada banyak kerugian apabila hal itu terjadi.

Berikut adalah beberapa syarat/sifat yang harus dimiliki oleh calon pemimpin Anda. Ada 9 (sembilan) syarat/sifat yang harus ada di dalam diri seorang pemimpin yang ideal, antara lain:
1.      Memiliki ambisi. Seseorang yang tidak memiliki ambisi jelas bukan calon seorang pemimpin. Ambisi merupakan suatu motivasi yang diperlukan. Orang tanpa ambisi tidak akan dapat mencapai hasil yang maksimal.
2.      Sikap terhadap kebijakan. Perlu dipantau apakah ia tegas atau tidak terhadap kebijakan yang ada. Apakah ia lebih kompromis, sehingga tidak sejalan dengan visi organisasi atau ia merupakan orang yang tegas, tetapi memiliki rasa kasih saying di dalam memimpin.
3.      Sikap terhadap rekan. Bagaimana ia memperlakukan rekannya juga sangat berperan dalam peningkatan kepemimpinannya. Apakah ia memberikan penghargaan jika mereka berhasil, atau teguran jika mereka melanggar. Apakah mereka mengambil keberhasilan orang untuk kemuliaannya sendiri? Jika demikian halnya, maka sikap itu bukan cirri seorang pemimpin yang ideal.
4.      Sikap terhadap keluarga. Sikap terhadap keluarga akan menggambarkan sikapnya terhadap organisasinya. Jika ia sangat memperhatikan keluarganya, ia juga akan memperhatikan organisasinya.
5.      Kemampuan memimpin. Kemampuannya dalam memimpin merupakan syarat mutlak. Ia harus berani mengambil risiko, mengatasi tantangan dan bertanggungjawab, serta mempunyai rasa mengasihi terhadap sesamanya.
6.      Sikap pada tuntutan waktu dan energi. Harus tegar terhadap semua tuntutan organisasi dan tidak mudah menyerah dalam setiap keadaan. Ia mempunyai energi ekstra karena sebagai pemimpin terkadang tidak dapat dibatasi waktu dalam keadaan tertentu. Memilih pemimpin yang sehat secara jasmani dan rohani itu sangat dibutuhkan.
7.      Mempunyai pengalaman yang luas. Ia juga sebaiknya memiliki pengalaman yang luas. Pengalamannya akan memperkaya organisasi, sehingga di dalam mengambil keputusan ia tidak perlu memulai dari nol. Orang yang tidak memiliki pengalaman biasanya aka nada waktu yang hilang untuk menyesuaikan atau paling tidak harus belajar budaya organisasi untuk beberapa waktu. Wawasan yang dimiliki oleh seorang pemimpin harus luas dan berpandangan positif. Pengalaman adalah guru yang paling baik.
8.      Mempunyai pergaulan yang luas. Untuk menjadi seorang pemimpin diperlukan pergaulan yang luas. Hal ini sangat vital karena organisasi memerlukan berbagaai akses untuk pengembangannya. Jika jaringan pergaulannya luas akan sangat memudahkan mengisi kebutuhan organisasinya dan mudah untuk mendapatkan relasi.
9.      Sikap mau terus belajar. Semua orang berhasil adalah orang yang mau belajar. Di AS, hanya 10 persen penduduknya yang mau membeli dan membaca buku. Itu saja sudah menghasilkan pemimpin yang terkenal. Dari pengalaman terlihat, di Indonesia orang malas membaca, sehingga pemimpin seringkali berjalan sekadarnya sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Kesembilan syarat/sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang ideal ini di dapat dari buku karangan Leonardus Saiman, Salemba Empat.
Tags :

Related : Figur Pemimpin Ideal

0 Response to " Figur Pemimpin Ideal "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..