Kiat Memilih Lokasi Usaha Yang Ideal


Accounting Media – Memilih lokasi usaha merupakan salah satu kegiatan awal yang harus dilakukan sebelum perusahaan mulai beroperasi. Lokasi merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan karena dapat memengaruhi perkembangan dan keberlangsungan hidup perusahaan.

Menentukan lokasi suatu perusahaan harus dilakukan sebaik mungkin agar dapat beroperasi/berjalan dengan lancar, biaya operasi rendah, dan memungkinkan perluasan tempat usaha di masa yang makan datang.
Terdapat 5 (lima) kiat dalam memilih lokasi usaha yang ideal, yaitu:
1.      Tersedianya sumber daya. Tersedianya berbagaai sumber daya terutama bahan mentah sebagai bahan baku produksi, tenaga kerja, dan sarana transportasi akan membantu pengusaha dalam banyak hal. Paling tidak, sumber daya tersebut dapat menghemat biaya, sehingga produk dapat dibuat dengan biaya rendah yang pada akhirnya akan mampu bersaing dengan produk lain.kedekatan dengan bahan mentah di samping akan menghemat biaya juga akan memastikan kelangsungan hidup perusahaan terjamin karena bahan baku tersedia melimpah dan dalam jangka panjang dapat diandalkan. Tersedianya atau mudahnya memperoleh tenaga kerja yang dibutuhkan akan menghemat dan menguntungkan perusahaan, sebab akan meminimalkan tingkat absensi pegawai. Tersedianya sarana transportasi secara tidak langsung akan memberikan keuntungan bagi perusahaan, para karyawan maupun pelanggan terutama pada saat produk akan disalurkan ke tempat tujuan tidak terkendala oleh sarana transportasi.
2.      Pilihan pribadi wirausahawan. Pertimbangan pilihan dalam menentukan lokasi tempat usaha disesuaikan dengan keinginan kuat wirausahawan itu sendiri. Misalnya, faktor pertimbangan keuangan yang tidak memadai, sebaiknya memilih daerah luar kota dengan pertimbangan tanah masih relative murah, sehingga dengan modal terbatas dapat membeli tempat usaha yang lebih luas di luar kota.
3.      Pertimbangan gaya hidup keluarga, lebih banyak hidup untuk keluarga. Ini bagi wirausahawan yang memilih gaya hidup dengan fokus untuk lebih mementingkan keharmonisan rumah tangga atau keluarga dari pada kepentingan bisnis. Keluarga menjadi pertimbangan utama dalam menentukan tempat usaha.
4.      Kemudahaan dalam mencapai konsumen. Seorang pengusaha dalam menentukan tempat usahanya berorientasi pada pasar (pusat konsentrasi para konsumen berada). Pasar atau tempat penjualan menjadi prioritas dalam mempertimbangkan sukses bisnisnya.
5.      Kondisi lingkungan bisnis. Seorang pengusaha memilih lokasi dengan lingkungan bisnis bertumbuh dan berkembang dan juga sebagai tempat atau pusat bisnis. Sebagai contoh, apabila ingin membangun industry maka pilihlah lokasi di kawasan industry. Contohnya adalah kawasan Industri Pulogadung dan Kawasan Industri Cikarang, Jakarta Timur. Dengan memilih lokasi usaha di tempat ini, pengusaha tidak lagi memikirkan lagi masalah sarana dan prasarana, baik bagi perusahaan maupun bagi pegawainya. Di lingkungan bisnis, biasanya pemerintah sudah membangun sarana dan prasarana lainnya yang memadai, seperti rumah sakit, pembangkit listrik, hypermarket, tempat ibadah, dan sebagainya.
Tags :

Related : Kiat Memilih Lokasi Usaha Yang Ideal

0 Response to " Kiat Memilih Lokasi Usaha Yang Ideal "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..