Pengertian Business Plan

Accounting MediaRencana Bisnis (Business Plan) pada dasarnya merupakan proses pengambilan keputusan dan dasar bagi tindakan-tindakan atau kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di masa mendatang.

Rencana Bisnis (Business Plan) adalah suatu dokumen tertulis yang mengemukakan tentang ide pokok yang mendasari pertimbangan-pertimbangan untuk memulai atau mendirikan suatu bisnis dan hal-hal yang berkaitan dengan pendirian tersebut atau memulai bisnis dari awal. Business Plan mencakup rincian tentang strategi, konsep, rencana-rencana, tujuan, sasaran, dan target yang akan dicapai dalam bisnis.
Business Plan merupakan proses berpikir secara menyeluruh melalui suatu persoalan (problem) dan solusinya sebelum bertindak. Masa depan bisnis/usaha tidak dapat diprediksi sepenuhnya, tetapi dengan adanya Business Plan ini sebagian besar kebutuhan dan hambatan yang mungkin dihadapi di masa mendatang dapat diantisipasi dan dipersiapkan dengan baik.
Tujuan utama Business Plan adalah meyakinkan/mematangkan suksesnya kegiatan bisnis yang direncanakan. Business Plan mencakup hal-hal berikut ini.
1.      Mengenali sifat dasar dan konteks kesempatan berusaha atau bisnis.
2.      Pendekatan mutakhir untuk eksploitasi kesempatran bisnis.
3.      Mengenali faktor-faktor yang memengaruhi suksesnya suatu usaha.
4.      Penyediaan alat untuk usaha atau bisnis.

Related : Pengertian Business Plan

1 Response to " Pengertian Business Plan "

  1. For a new business, you can easily say that it is the business plan which makes or breaks it. No doubt execution is equally important but our professor Aloke Ghosh used to tell us how execution can fail if you have no vision.

    ReplyDelete

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..