Pengertian Analisis Diskriminan


Accounting MediaAnalisis Diskriminan adalah bentuk regresi dengan variabel terikat berbentuk non-metrik atau kategori. Berikut ini contoh kasus yang dapat diselesaikan dengan analisis diskriminan:
“Seorang analis keuangan ingin mengetahui variabel-variabel atau faktor-faktor apa saja yang membedakan antara perusahaan sehat dan perusahaan yang mengalami kebangkrutan. Analis keuangan tersebut juga ingin mengetahui apakah mungkin menggunakan faktor-faktor yang telah teridentifikasi tadi sebagai bentuk indeks yang mampu membedakan kedua perusahaan sehat danbangkrut. Indeks tersebut kemudian digunakan untuk meramalkan kemungkinan perusahaan akan bangrut di kemudian hari.”
Dari contoh di atas, dapat ditarik tiga benang merah atau tujuan dari contoh kasus di atas dengan menggunakan analisis diskriminan:
1.      Mengidentifikasi variabel-variabel yang mampu membedakan antara kedua kelompok (perusahaan sehat dan bangkrut).
2.      Menggunakan variabel-variabel yang telah teridentifikasi untuk menyusun persamaan atau fungsi untuk menghitung variabel baru atau indeks yang dapat menjelaskan perbedaan antara dua kelompok.
3.      Menggunakan variabel yang telah teridentifikasi atau indeks untuk mengembangkan aturan atau cara mengelompokkan observasi di masa datang kedalam satu dari dua kelompok.

Sumber artikel ini dari buku Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (Ed. 5), Prof. Dr. H. Imam Ghozali, M.Com, Akt. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Terimakasih.

Related : Pengertian Analisis Diskriminan

0 Response to " Pengertian Analisis Diskriminan "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..