Pengertian Hedge Fund


Accounting MediaHedge Fund adalah sebuah kumpulan dana yang terstruktur dikumpulkan dari masyarakat dan diinvestasikan oleh manajer investasi kepada berbagai instrumen investasi yang menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi serta risiko yang tinggi. Hedge Fund hampir sama dengan Reksa Dana yang kita kenal sekarang.

Manajer investasi sebagai pengelola dana mempunyai kebebasan penuh dalam mengelola dana agar menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi. Pada sisi lain, Hedge Fund ini tidak didaftarkan pada pihak yang berwenang dalam pengelolaan Bursa atau pasar modal dalam hal ini Bapepam untuk Indonesia. oleh karenanya, Bapepam di Indonesia sebagai pengawas di pasar modal tidak mengetahui keberadaan dari Hedge Fund  tersebut. Bahkan Hedge Fund ini dapat juga disebut sebagai dana yang dikelola secara privat (Discretionary Fund). Investor yang menginvestasikan dananya pada Hedge Fund tidak mengetahui isi perut dari Hedge Fund tersebut apakah diinvestasikan pada saham atau obligasi tertentu.
Manajer investasi yang mengelola Hedge Fund harus aktif dalam menilai pasar agar dana yang diinvestasikan tidak merugikan investor. Biasanya, manajer investasi yang mengelola Hedge Fund adalah manajer investasi yang sudah mempunyai nama dan track record-nya telah diakui pada negara yang bersangkutan, sehingga investor tidak ragu memasukkan dananya pada Hedge Fund  tersebut.

Sumber artikel ini dari buku Reksa Dana Investasiku oleh Adler Haymans Manurung, Penerbit Buku Kompas. Terimakasih.

Related : Pengertian Hedge Fund

0 Response to " Pengertian Hedge Fund "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..