Pengertian Total Quality Management (TQM)


Accounting MediaTotal Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu (MMT) adalah filosofi dan budaya (kerja) organisasi (philosophy of management) yang berorientasi pada kualitas. Tujuan yang akan dicapai dalam organisasi dengan budaya TQM adalah memenuhi atau bahkan melebihi apa yang dibutuhkan dan yang diharapkan atau diinginkan oleh pelanggan (Sashkin dan Kisser, 1993:75).

Singkatnya TQM adalah perpaduan semua fungsi dari perusahan yang dibangun berdasarkan konsep kualitas, teamwork, produktivitas dan pengertian serta kepuasan pelanggan. TQM merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Pengertian TQM lainnya, TQM merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimalkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya,

Sumber artikel ini berasal dari buku Manajemen Syari’ah (Implementasi TQM dalam Lembaga Kauangan Syari’ah), Kuat Ismanto, Penerbit Pustaka Pelajar. Terimakasih.

Related : Pengertian Total Quality Management (TQM)

0 Response to " Pengertian Total Quality Management (TQM) "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..