Bukti Transaksi


Accounting Media – Suatu transaksi yang terjadi harus disertai bukti transaksi. Tanpa adanya bukti transaksi, tidak boleh dilakukan pencatatan akuntansi. Ada bermacam bukti transaksi, antara lain faktur, nota debit, nota kredit, kwitansi, nota kontan, dan cek.
Faktur adalah bukti transaksi atas pembelian dan penjualan barang (secara kredit). Faktur pada hakikatnya merupakan permintaan pembayaran dari penjual kepada pembeli.
Nota Debit adalah bukti transaksi atas pengembalian barang yang sudah dibeli kepada penjual karena barang yang dibeli ada yang rusak atau tidak sesuai pesanan.
Nota Kredit adalah bukti transaksi retur dan pengurangan harga penjualan (bagi penjual) atau pengurangan harga pembelian (bagi pembeli).
Kwitansi adalah bukti transaksi penerimaan uang tunai dari pihak ketiga dan pembayaran/pengeluaran uang tunai untuk pihak ketiga.
Nota Kontan adalah bukti transaksi pengeluaran uang tunai untuk pembelian barang atau pembayaran jasa yang nominalnya relatif kecil.
Cek adalah surat perintah kepada bank untuk membayarkan sejumlah uang kepada pihak yang disebutkan dalam surat/cek tersebut.

Sumber Pustaka: Rusdarti, dan Kusmuriyanto. 2008. EKONOMI Fenomena di Sekitar Kita. Solo: Platinum (PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri)

Related : Bukti Transaksi

0 Response to " Bukti Transaksi "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..