Model E-Business

Istilah E-Business sebenarnya merupakan interaksi yang didukung oleh keberadaan teknologi antara orang perorangan dan organisasi. Namun, seiring perkembangan teknologi informasi, sekarang interaksi tidak hanya terjadi antara perorangan dengan organisasi, tetapi telah meluas ke berbagai kegiatan, seperti perdagangan, pemerintah dan pendidikan. (Baca juga: Pengertian E-Business)


Berdasarkan jenisnya, e-business dapat dikelompokkan sebagai berikut.
B2C (Business to Consumer), merupakan interaksi yang terjadi antara individu dengan orang. Model ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a.      Terjadi antara organisasi dan perorangan
b.     Melibatkan uang dalam jumlah yang terbatas
c.      Intensitas transaksi jarang terjadi
d.     Relasi terjadi sangat sederhana

B2B (Business to Business), B2G (Business to Government), B2E (Business to Education), masing-masing model tersebut merupakan pengembangan dari model B2C (Business to Consumer). Model ini sekarang telah berkembang pesat, terutama di negara-negara yang memiliki teknologi informasinya yang telah maju. Model ini memiliki cirri-ciri sebagai berikut.
a.      Terjadi antara organisasi dengan organisasi dan memiliki jangkauan luas
b.     Melibatkan uang dalam jumlah banyak dan tidak terbatas
c.      Intensitas transaksi sangat tinggi
d.     Relasi terjadi sangat kompleks dan bervariasi

Walaupun banyak kemiripan antara e-business B2C dan e-business B2B, terdapat beberapa perbedaan penting di antara keduanya.
1.     E-business B2C sering melibatkan dua pihak yang mungkin tidak pernah terlibat dalam suatu transaksi sebelumnya, sedangkan B2B sebagian transaksinya terjadi antar organisasi yang telah membangun hubungan antara satu dengan yang lainnya.
2.     Transaksi B2C secara relatif merupakan transaksi yang sederhana. Sebaliknya, transaksi B2B organisasi penjual sering memberikan kredit ke para pelanggannya dan juga memperbolehkan mereka membayar secara mencicil.

Sumber Pustaka:
Mardi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Tags :

Related : Model E-Business

0 Response to " Model E-Business "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..