Pengertian Biaya Peluang Menurut Para Ahli


Accounting MediaBiaya Peluang (Opportunity Cost) adalah segala sesuatu yang dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu. Setiap kali kita harus membuat keputusan atau memilih suatu tindakan, kita tidak hanya memilih, tetapi juga harus mempertimbangkan biaya peluang. Ada banyak pendapat menganai biaya peluang, diantaranya adalah sebagai berikut.

N. Gregory Mankiw mengatakan bahwa biaya peluang adalah segala sesuatu yang harus Anda korbankan untuk memperoleh sesuatu.
Robert B. Ekelund, Jr. dan Robert D. Tollison mengatakan bahwa biaya peluang adalah biaya dari penggunaan sumber daya ekonomi untuk tujuan tertentu, yang diukur dalam ukuran keuntungan yang tidak jadi didapat karena tidak memilih alternatif itu dibandingkan dengan komoditi yang didapat sebagai gantinya karena memilih suatu alternatif.
Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus mengatakan bahwa keputusan memilih biaya peluang, karena memilih satu hal dalam dunia kelangkaan berarti menyerahkan sesuatu yang lain. Biaya peluang adalah nilai barang atau jasa yang paling berharga yang hilang.

Sumber Pustaka: Alam S. 2013. Ekonomi. Jakarta: Esis
Tags :

Related : Pengertian Biaya Peluang Menurut Para Ahli

0 Response to " Pengertian Biaya Peluang Menurut Para Ahli "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..