Pengertian dan Karakteristik Produk Jasa

Aplikasi Penyusunan Anggaran

Analisa anggaran usaha Anda

Cara Mudah Menyusun dan Mengevaluasi Anggaran

Produk dapat diklasifikasikan sebagai barang yang tahan lama (durable goods), barang tidak tahan lama (nondurable goods), dan jasa (service). Menurut Philip Kotler, jasa didefinisikan sebagai berikut.

“Jasa adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihal lain, yang pada dasarnya bersifat tidak berwujud fisik (intangible) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Produk jasa bisa berhubungan dengan produk fisik maupun tidak.”
Produk jasa yang bisa berhubungan dengan produk fisik contohnya adalah produk sepeda motor, sudah dibarengi dengan jasa pendukung, misalnya jasa pengantaran produk motor kerumah, jasa service motor gratis untuk pemakaian sekian kilometer, dan lain sebagainya. Sedangkan produk jasa murni dapat ditunjukkan misalnya pijat refleksi, konsultasi kesehatan, konsultasi hukum, dan lainnya.
Berikut akan dilihat karakteristik produk jasa yang membedakannya dengan barang. Terdapat delapan aspek mendasar yang membedakan produk jasa dengan barang fisik, yang menurut Lovelock, yaitu bahwa
a.      Produk jasa yang dikonsumsi tidak dapat dimiliki oleh konsumen.
b.     Produk jasa merupakan suatu kinerja yang sifatnya intangible.
c.     Dalam proses produksi jasa, konsumen memiliki peran yang lebih besar untuk turut serta dalam pengolahannya dibandingkan dengan produk barang fisik.
d.    Orang-orang yang terlibat dalam proses jasa berperan sedikit-banyak dalam pembentukan atau mendesain jasa.
e.      Dalam hal operasionalisasi masukan dan keluaran, produk jasa lebih bervariasi.
f.       Produk jasa tentu sulit dievaluasi oleh konsumen.
g.     Jasa tidak dapat disimpan.
h.     Faktor waktu dalam proses jasa dan konsumsi jasa relatif diperhatikan.

Sumber Pustaka: Husein Umar. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia
Tags :

Related : Pengertian dan Karakteristik Produk Jasa