Pengertian dan Manfaat E-Business

E-Business (Electronic Business) dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semi-otomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. E-Business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel.

Dalam penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis yang menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran internet. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, internet, intranet, extranet, atau kombinasi diantaranya.
Manfaat penggunaan e-business sebagai alternatif pilihan perusahaan adalah sebagai berikut.
1.     Dapat menekan biaya operasional karena informasi distribusi produk dapat menggunakan sistem sehingga berakibat pelacakan status produksi dan distribusi sangat mudah dan berkelanjutan. Distribusi mudah dilakukan, dapat menjaga tersedianya persediaan, kecepatan dan akurasi informasi, lebih cepat dan lebih akurat untuk ditribusi barang.
2.     Meningkatkan efisiensi operasi internal, penjualan dan pemasaran.
3.     Meningkatkan aliran pendapatan baru (revenue stream) yang mungkin lebih manjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
4.     Perluasan dan peningkatan pangsa pasar sehingga mempersingkat perputaran barang, akan berdampak kepada meningkatnya kesetiaan pelanggan.

Sumber Pustaka:
Mardi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Tags :

Related : Pengertian dan Manfaat E-Business

0 Response to " Pengertian dan Manfaat E-Business "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..