Pengertian Firma


Accounting MediaFirma biasa disingkat Fa, yaitu suatu persekutuan antara dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjalankan usaha. Pada umumnya, nama firma diambil dari salah seorang sekutu misalnya Fa. Leks dan Co, atau gabungan dari sekutu, misalnya Firma Maju (Mateus, Ayu, Jojo, dan Uus). Contoh nyata firma biasanya dijumpai dalam kantor pengacara dan notaris. Di dalam firma, semua sekutu merupakan pemilik dan kekayaan perusahaan tidak dipisah dari kekayaan pribadi. Oleh karena itu, para sekutu mempunyai tanggungjawab yang tidak terbatas, yaitu bertanggungjawab penuh sampai hak milik pribadi menjadi tanggungan atas utang-utang perusahaan.

Bentuk badan usaha firma cocok untuk usaha yang tidak besar risikonya. Adapun perkembangan firma akan bergantung pada kemampuan dan keuletan para sekutunya. Pendirian firma cukup dengan suatu perjanjian di antara sekutu, jika firma didirikan dengan akta resmi (perjanjian yang dibuat dihadapan notaries), akta tersebut harus memuat anggaran dasar firma. Anggaran dasar firma adalah peraturan yang memuat hal-hal pokok tentang firma. Anggaran tersebut dibuat dan disetujui oleh para sekutu. Akta pendirian selanjutnya didaftarkan pada Kepaniteraan Pengadilan Negeri setempat, dan diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Sumber Pustaka: Rusdarti, dan Kusmuriyanto. 2008. EKONOMI Fenomena di Sekitar Kita. Solo: Platinum (PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri)
Tags :

Related : Pengertian Firma

0 Response to " Pengertian Firma "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..