Pengertian Flowchart atau Bagan Alir

Bagan Alir (Flowchart) sangat penting dipahami karena penggunaan flowchart ini dapat diaplikasikan ke dalam berbagai bidang ilmu. Hampir seluruh bidang ilmu pasti menggunakan flowchart sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Salah satu pekerjaan yang membutuhkan pemahaman lebih mengenai analisis menggunakan flowchart  ini adalah auditor. Dalam Statement of Auditing Standard (SAS) 55, mensyaratkan auditor independen memiliki pemahaman atas sistem pengendalian internal perusahaan sebelum melakukan audit.

Bagan Alir (Flowchart) merupakan kumpulan dari notasi diagram simbolik yang menunjukkan aliran data dan urutan operasi dalam sistem. Bagan alir (flowchart) merupakan metode teknik analisis yang dipergunakan untuk mendeskripsikan sejumlah aspek dari sistem informasi secara jelas, ringkas, dan logis. Sebuah bagan alir akan merepresentasikan grafikal pada suatu sistem yang menggambarkan terjadinya relasi fisik antara entitas kuncinya. Auditor, analis sistem, dan pemrogram merupakan orang-orang yang paling mengenal notasi ini.
Notasi yang digunakan untuk membuat bagan alir (flowchart) dapat dibagi menjadi kelompok berikut.
a.      Simbol masukan/keluaran merupakan media yang memberikan input untuk pemrosesan output dari suatu sistem.
b.     Simbol pemrosesan merupakan media yang dipergunakan untuk memproses data atau menunjukkan kapan proses dilakukan secara manual.
c.      Simbol penyimpanan (storage symbols) media ini berfungsi sebagai tempat menyimpan data yang sementara waktu menunggu diproses oleh sistem.
d.     Simbol arus dan lain-lain menunjukkan arus data dan barang mengalir, media ini menjelaskan awal atau akhir sebuah sistem, bagaimana mebuat keputusan dan komentar yang dibutuhkan.

Bagan Alir (Flowchart) dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
1.     Bagan Alir Sistem, yaitu bagan yang menunjukkan gambaran diagram arus data melalui serangkaian operasional dalam sistem pemrosesan data otomatis.
2.     Bagan Alir Dokumen, yaitu diagram yang menggambarkan atus dokumen melalui berbagai departemen dan fungsi dalam sebuah organisasi.
3.    Bagan Alir Program, menunjukkan proses penjelasan yang dibutuhkan oleh auditor untuk memperjelas proses yang dituangkan pada bagan alir sistem.

Sumber Pustaka:
Mardi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Related : Pengertian Flowchart atau Bagan Alir

0 Response to " Pengertian Flowchart atau Bagan Alir "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..