Pengertian Jurnal Khusus


Accounting Media – Sejalan dengan perkembangan perusahaan maka transaksi yang terjadi semakin banyak, baik dalam kuantitas, frekuensi, maupun ragamnya suatu transaksi yang akan terjadi secara berulang-ulang dan terus menerus. Misalnya, transaksi penjualan, pembelian, penerimaan kas, serta pengeluaran kas. Jika perusahaan hanya menggunakan satu buku (jurnal umum), sudah tidak memadai lagi untuk mencatat berbagai ragam dan jenis transaksi yang semakin kompleks dan terjadi secara rutin.

Oleh karena itu, untuk mengatasi tidak memadainya pencatatan dengan satu buku jurnal untuk mencatat semua jenis transaksi maka perlu dirancang buku jurnal untuk mencatat transaksi-transaksi tertentu yang terjadi berulang-ulang. Buku jurnal inilah yang disebut jurnal khusus (special journals). Adapun jurnal khusus yang biasanya dipakai, antara lain sebagai berikut.
Jurnal Pembelian (Purchases Journal). Jurnal untuk mencatat transaksi pembelian secara kredit. Pada akhir periode, jurnal pembelian akan diposting ke dalam buku besar dengan mendebit akun pembelian dan mengkredit akun utang dagang. Buku tambahan yang dibuat untuk membantu mencatat dalam jurnal ini adalah buku utang dan buku persediaan.
Jurnal Penjualan (Sales Journal). Jurnal untuk mencatat transaksi penjualan secara kredit. Pada akhir periode, jurnal penjualan diposting ke dalam buku besar dengan mendebit akun piutang dagang dan mengkredit akun penjualan. Buku tambahan yang dibuat adalah buku piutang dan buku persediaan.
Jurnal Penerimaan Kas. Jurnal untuk mencatat transaksi penerimaan uang tunai. Pada akhir periode, jurnal penerimaan kas akan diposting di sebelah debit akun kas dan potongan penjualan.
Jurnal Pengeluaran Kas. Jurnal untuk mencatat transaksi pengeluaran kas yang akan diposting di sebelah kredit akun kas dan potongan pembelian.
Jurnal Umum (General Journal). Jurnal untuk mencatat transaksi yang tidak dapat dibukukan ke dalam jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, dan jurnal pengeluaran kas.

Sumber Pustaka: Rusdarti, dan Kusmuriyanto. 2008. EKONOMI Fenomena di Sekitar Kita. Solo: Platinum (PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri)

Related : Pengertian Jurnal Khusus

0 Response to " Pengertian Jurnal Khusus "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..