Pengertian Kartel dan Jenisnya

Kartel adalah kerja sama antara beberapa badan usaha yang memproduksi dan memasarkan barang yang sejenis. Dalam kartel ini, masing-masing badan usaha masih mempunyai kebebasan dalam mengurus badan usahanya kecuali untuk hal-hal yang telah disepakati dalam kartel. Adapun maksud dan tujuan kartel adalah untuk mengurangi persaingan atau meniadakan persaingan. Kartel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut.

Kartel Harga. Dalam kartel harga disepakati harga minimum suatu barang yang boleh dijual, anggota kartel dilarang untuk menjual barang di bawah harga minimum yang telah disepakati.
Kartel Syarat. Dalam kartel ini disepakati syarat-syarat yang seragam dalam hal penyerahan, pembayaran, dan pembungkusan barang.
Kartel Rayon. Dalam kartel ini disepakati daerah penjualan setiap kartel. Tujuan penerapan daerah pemasaran ini agar tidak terjadi persaingan antar anggota rayon.
Kartel Produksi. Dalam kartel ini disepakati jumlah maksimum barang yang boleh di produksi oleh setiap anggota. Tujuan pembatasan produksi ini agar tidak terjadi kelebihan produksi yang berakibat pada turunnya harga.
Sindikat Penjualan. Dalam kartel ini disepakati bahwa aanggota kartel harus menyerahkan barang hasil produksinya untuk dijual dengan satu harga.
Kartel Pool. Sering disebut juga Kartel Pembagian Keuntungan. Dalam kartel ini keuntungan yang diperoleh anggota kartel dikumpulkan (di-pool) dalam kas bersama, kemudian dibagi sesuai perjanjian yang telah disepakati.

Sumber Pustaka: Rusdarti, dan Kusmuriyanto. 2008. EKONOMI Fenomena di Sekitar Kita. Solo: Platinum (PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri)
Tags :

Related : Pengertian Kartel dan Jenisnya

0 Response to " Pengertian Kartel dan Jenisnya "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..