Pengertian Kas dan Setara Kas

Dalam ilmu Akuntansi, terdapat akun-akun yang dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu akun asset, akun liabilitas (kewajiban), dan akun ekuitas (modal). Di dalam akun asset, terdapat dua akun yang disebut dengan kas dan setara kas. Apakah pengertian dari akun kas dan setara kas? Berikut akan dijelaskan tentang pengertian keduanya.


Kas adalah uang tunai yang paling likuid sehingga pos ini biasanya ditempatkan pada urutan teratas dari asset. Yang termasuk dalam akun kas adalah seluruh alat pembayaran yang dapat digunakan dengan segera seperti uang kertas, uang logam, dan saldo rekening giro di bank. Yang tidak termasuk dalam pengertian kas, baik menurut akuntansi dan perpajakan adalah:
a.      Deposito yang jatuh temponya lebih dari tiga bulan atau rollover
b.     Perangko dan materai
c.      Kas bon atau uang muka
d.     Cek mundur dan cek kosong

Dalam pengendalian kas, perusahaan pada umumnya melakukan pemisahan dana antara kas kecil (petty cash) dank kas besar (cash on hand). Kas kecil umumnya dipakai untuk pengeluaran harian perusahaan yang sifatnya rutin dan tidak besar jumlahnya. Kas besar umumnya dipakai oleh perusahaan untuk pengeluaran tertentu dan disimpan oleh perusahaan di dalam brankas.

Menurut PSAK 2, setara kas adalah investasi yang sifatnya likuid, berjangka pendek, dan yang dengan cepat dapat dijadikan kas dalam jumlah tertentu tanpa menghadapi risiko perubahan nilai yang signifikan. Pada umumnya, hanya investasi dengan jatuh tempo asli tiga bulan atau kurang yang memenuhi syarat sebagai setara kas. Deposito yang jatuh temponya kurang atau sama dengan tiga bulan dan tidak di perpanjang terus-menerus (rollover) dapat dikategorikan sebagai setara kas.

Sumber Pustaka:
Agoes, Sukrisno & Estralita Trisnawati. 2008. Akuntansi Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat

Related : Pengertian Kas dan Setara Kas

0 Response to " Pengertian Kas dan Setara Kas "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..