Pengertian Pengendalian Internal

Apa yang dimaksud dengan Pengendalian Internal? Pengendalian Internal merupakan suatu sistem yang meliputi struktur organisasi beserta semua mekanisme dan ukuran-ukuran yang dipatuhi bersama untuk menjaga seluruh harta kekayaan organisasi dari berbagai arah.

Committee on Auditing Procedure American Institute of Carified Public Accountant (AICPA) mengemukakan bahwa pengendalian internal mencakup rencana organisasi dan semua metode serta tindakan yang telah digunakan dalam perusahaan untuk mengamankan aktivanya, mengecek kecermatan dan keandalan data akuntansi, memajukan efisiensi operasi, dan mendorong ketaatan pada kebijakan yang telah ditetapkan (James Hall, 2009).
Hartanto (1997) menjelaskan, pengendalian internal dengan membedakan ke dalam arti yang sempit dan dalam arti luas, dalam arti sempit, pengendalian internal disamakan dengan internal check yang merupakan mekanisme pemeriksaan ketelitian data administrasi. Sedangkan dalam arti luas, pengendalian internal disamakan dengan management control, yaitu suatu sistem yang meliputi semua cara yang digunakan oleh pimpinan perusahaan untuk mengawasi dan mengendalikan perusahaan.
Sesuai dengan definisi/pengertian yang dikemukakan AICPA, maka dapat dirumuskan tujuan dari pengendalian internal, yaitu:
1.      Menjaga keamanan harta milik perusahaan
2.      Memeriksa ketelitian dan kebenaran informasi akuntansi
3.      Meningkatkan efisieni operasional perusahaan
4.      Membantu menjaga kebijaksanaan manajemen yang telah ditetapkan

Sumber Pustaka:
Hall, James A. 2009. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Mardi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Related : Pengertian Pengendalian Internal

0 Response to " Pengertian Pengendalian Internal "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..