Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema), artinya suatu kesatuan komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Menurut Hall (2009), sistem adalah sekelompok, dua atau lebih komponen yang saling berkaitan yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama.

Setelah mengetahui pengertian dari sistem, marilah kita pelajari pengertian dari Sistem Informasi Akuntansi.
Menurut Widjajanto (2001), Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah susunan berbagai dikumen, alat komunikasi, tenaga pelaksana, dan berbagai laporan yang didesain untuk mentransformasikan data keuangan menjadi informasi keuangan.
Menurut Romney (2005), Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sumber daya manusia dan modal dalam organisasi yang bertanggung jawab untuk (1) persiapan informasi keuangan, dan (2) informasi yang diperoleh dari mengumpulkan dan memproses berbagai transaksi perusahaan.
Menurut Wikipedia, Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah susunan berbagai formulir catatan, peralatan, termasuk komputer dan perlengkapannya serta alat komunikasi, tenaga pelaksananya, dan laporan yang terkoordinasikan secara erat yang didesain untuk mentranformasikan data keuangan menjadi informasi yang dibutuhkan manajemen.
Dengan demikian, Sistem informasi Akuntansi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang terintegrasi yang menghasilkan laporan dalam bentuk data transaksi bisnis yang diolah dan disajikan sehingga menjadi sebuah laporan keuangan yang memiliki arti bagi pihak yang membutuhkannya.

Sumber Pustaka:
Mardi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Hall, James A. 2009. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Widjajanto, Nugroho. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga
Romney, Marshal B & Paul John Steinbart. 2005. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Related : Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

0 Response to " Pengertian Sistem Informasi Akuntansi "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..