Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian Sistem Informasi Manajemen. Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari Sistem Informasi Manajemen (SIM), antara lain. (Baca juga: Pengertian Sistem Informasi Akuntansi)

Menurut Widjajanto (2002), Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu sistem informasi yang bersifat menyeluruh, bertujuan untuk menyajikan berbagai informasi yang jauh lebih luas daripada informasi akuntansi yang bersifat historis.
Menurut Jogiyanto (2005), Sistem Informasi Manajemen (Management Information Systems) merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen.
Menurut George M. Scott (2001), Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah kumpulan dari interaksi sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi.
Menurut Barry E. Chusing (1985), Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan dari manusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen.
Menurut Frederick H. Wu (1985), Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan-kumpulan dari sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen.
Menurut Gordon B. Davis (1985), Sistem Informasi Manajemen adalah sistem manusia atau mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi.

Sumber Pustaka:
Chusing, Barry E. 1991. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga
Davis, James R., Alderma, Wayne C., and Robinson, Leonard A. 1990. Accounting Information System : A Cycle Approach. 3th Edition. New York: John Wiley and Sons
Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo
Mardi. 2011. Akuntansi Informasi Akuntansi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Romney, Marshal B & Paul John Steintbart. 2006. Sistem Inforrmasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Widjajanto Nugroho. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Related : Pengertian Sistem Informasi Manajemen

0 Response to " Pengertian Sistem Informasi Manajemen "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..