Perbedaan Data dan Informasi

Yang dimaksud dengan data adalah sesuatu penjelasan, keterangan maupun sesuatu yang memiliki nilai/harga bagi seseorang yang kemudian dijadikan sebagai masukan bagi sistem informasi. Data juga dapat diartikan sebagai sebuah fakta yang sudah dikumpulkan, disimpan, dan diproses dengan menggunakan teknologi.

Menurut Jogiyanto (2002), data merupakan bentuk mentah sebuah fakta, belum dapat bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu model untuk dihasilkan informasi.
Menurut Romney (2005), informasi adalah data yang telah diproses dan diatur ke dalam bentuk output yang memiliki arti bagi orang yang menerima. Menurut situs Wikipedia, informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman atau instruksi.
Menurut Gordon B. Davis (1985), informasi adalah data yang telah diolah ke dalam suatu bentuk
Yang berguna bagi penerimanya dan nyata atau berupa nilai yang dapat di pahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan. Menurut Barry E. Chusing (1985), informasi menunjukkan hasil dari pengolahan data yang diorganisasikan dan berguna kepada orang yang menerimanya. Informasi adalah hasil proses atau hasil pengolahan data, meliputi hasil gabungan, analisis, penyimpulan, dan pengolahan sistem informasi komputerisasi.
Dari beberapa definisi/pengertian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa informasi adalah data yang diolah kemudian menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya, menggambarkan suatu kejadian (event), dan kesatuan nyata (fact and entity) serta digunakan untuk pengambilan keputusan.
Contoh sederhana data yang diolah menjadi sebuah informasi:

Sumber Pustaka:
Chusing, Barry E. 1991. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga
Davis, James R., Alderma, Wayne C., and Robinson, Leonard A. 1990. Accounting Information System : A Cycle Approach. 3th Edition. New York: John Wiley and Sons
Jogiyanti. 2005. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo
Mardi. 2011. Akuntansi Informasi Akuntansi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Romney, Marshal B & Paul John Steintbart. 2006. Sistem Inforrmasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Related : Perbedaan Data dan Informasi

0 Response to " Perbedaan Data dan Informasi "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..