Pengertian Pendapatan Per Kapita

Apakah yang dimaksud dengan Pendapatan Per Kapita? Apa saja manfaat dari Pendapatan Per Kapita itu sendiri? Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian dan manfaat-manfaat pendapatan per kapita dalam suatu negara. Berikut penjelasannya.

Pendapatan Per Kapita (Per Capita Income / PCI) adalah pendapatan rata-rata untuk masing-masing penduduk dalam suatu negara selama satu periode tertentu. Penghitungan pendapatan per kapita adalah pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk dalam sebuah negara.
Pendapatan Per Kapita juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai indicator kesejahteraan negara, standar pertumbuhan kemakmuran negara, sebagai pedoman bagi pemerintah dalam membuat kebijakan ekonomi, dan pembanding tingkat kemakmuran antarnegara.


Indikator Kesejahteraan Negara. Angka pendapatan per kapita merupakan ukuran yang paling dapat di andalkan untuk melihat tingkat kesejahteraan suatu negara. Ini disebabkan karena pendapatan per kapita telah mencakup jumlah penduduk sehingga secara langsung dapat menunjukkan tingkat kemakmuran, sementara komponen pendapatan nasional lainnya, seperti PND, PDB dan sebagainya belum menunjukkan tingkat kemakmuran masyarakat secara langsung karena tidak memperhitungkan faktor jumlah penduduk.
Standar Pertumbuhan Kemakmuran Negara. Pendapatan per kapita merupakan standar umum untuk membandingkan tingkat kemakmuran atau kesejahteraan suatu negara dari tahun ke tahun. Apabila pendapatan per kapita meningkat, maka dapat dikatakan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat. Namun, untuk memastikan apakah kesejahteraan masyarakat memang benar-benar meningkat, kita harus memperhitungkan pendapatan per kapita secara riil, yaitu peningkatan pendapatan per kapita dibandingkan dengan tingkat kenaikan harga atau inflasi.
Sebagai Pedoman bagi Pemerintah dalam Membuat Kebijakan Ekonomi. Pendapatan per kapita dapat dijadikan sebagai pedoman bagi pemerintah dalam membuat kebijakan ekonomi karena pemerintah dapat memantau pertumbuhan ekonomi yang ada di dalam masyarakat. Selain itu, pemerintah juga harus bisa mempertahankan tingkat inflasi yang paling minimum agar tingkat kesejahteraan masyarakat stabil.
Pembanding Tingkat Kemakmuran Antarnegara. Selain sebagai pembanding tingkat kemakmuran suatu negara dari tahun ke tahun, pendapatan per kapita juga umum digunakan sebagai pembanding tingkat kemakmuran antara negara yang satu dengan lainnya. Dengan menetapkan standar pendapatan per kapita, maka negara-negara di dunia dapat dikelompokkan ke dalam negara berpendapatan rendah, menengah, atau tinggi.

Sumber Pustaka:
Adji, Wahyu, Suwerli & Suratno. 2007. Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga
Tags :

Related : Pengertian Pendapatan Per Kapita

0 Response to " Pengertian Pendapatan Per Kapita "

Post a Comment

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..