Perbedaan Produk Barang dan Produk Jasa

Output dari sebuah proses konversi adalah produk. Produk tersebut dapat berupa barang dan atau berupa jasa pelayanan. Secara umum, produk barang dan produk jasa dapat dibedakan melalui beberapa kriteria berikut ini :

  1. Barang adalah suatu yang nyata, sehingga dapat disimpan, dipindahkan atau diubah-ubah, sedangkan jasa pelayanan adalah sesuatu yang tidak nyata.
  2. Jasa diproduksi dan dikonsumsi pada waktu yang bersamaan.
  3. Produk jasa mudah basi sehingga mempersulit perencanaan kapasitas dan inventory, dimana harus disiapkan kapasitas lebih dini dan apabila ternyata kemudian permintaan pasar tidak sesuai maka akan terjadi pemborosan atau sebaliknya sehingga akan dapat mengurangi reputasi perusahaan.
  4. Mutu pada produk jasa hanya dapat dibuktikan setelah pelanggan menggunakan jasa tersebut. Dengan demikian reputasi dan nama baik perusahaan sangat ditentukan dari penilaian pelanggan yang telah lalu dan merupakan jaminan bagi pelanggan yang akan datang.
  5. Produsen jasa harus dekat dengan pelanggan mengingat waktu produksi bertepatan dengan waktu konsumsi sehingga diperlukan “outlet” yang banyak dan disesuaikan dengan tempat para pelanggan.
  6. Produk barang terdapat jarak yang jauh antara bagian pemasaran dengan bagian operasi sehingga diperlukan usaha-usaha koordinasi di antara kedua fungsi ini.
  7. Pada produksi barang dilakukan dengan peralatan dengan sedikit bantuan tenaga manusia, sedikit sekali produsen berhubungan dengan pelanggan, di sini tidak ada pelanggan yang ikut campur dalam proses produksi. Ikut campur ini biasa disebut “costumer contact”. Hal ini sebaliknya terjadi pada produksi jasa di mana keikutsertaan pelanggan pada proses produksi jasa merupakan partisipasi dalam rangka memperoleh pelayanan seperti yang diinginkan.
  8. Jenis produk dapat ditentukan dari jumlah presentase pertemuan produsen dengan pelanggan atau besar presentase “costumer contact”. Pada produk murni barang terdapat 0% pertemuan, sedangkan pada produk murni jasa terdapat pertemuan 100%.
Sumber Pustaka :

Sumayang, Lulu. 2003. Dasar – Dasar Manajemen Produksi & Operasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Tags :

Related : Perbedaan Produk Barang dan Produk Jasa

2 Responses to " Perbedaan Produk Barang dan Produk Jasa "

  1. Terima kasih info tentang manajemen itu sangat bermanfaat sekali. Dan juga pekerjaan sebagai konsultan manajemen masih sangat menjanjikan. Ada yang tahu informasi tentang Harga HP Terbaru, ni mau beli buat gantiin hp jadul.

    ReplyDelete
  2. keren artikelnya gan
    kunjungi juga ya gan dengan web kebanggan kami poker online indonesia http://www.betdanwin.com/
    bonus 100% deposit dan ada komisi referral 50% untuk member yang mengajak teman-temannya mohon partisipasinya siapa tau membutuhkannya makasihh gan :)

    ReplyDelete

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..