7 Tips Mencoba Peluang Bisnis Sambil Bekerja

Banyak orang bermimpi meninggalkan pekerjaan mereka untuk mencoba peluang bisnis yang mereka inginkan. Di sisi lain banyak pengusaha sukses yang harus tetap bekerja sampai bisnis mereka mencapai titik dimana itu memungkinkan untuk berhenti. Transisi dari bekerja menjadi pegawai menjadi pebisnis full time ini dapat menjadi sulit dan menimbulkan stres, terutama ketika Anda tidak menikmati pekerjaan Anda dan ingin secepatnya berhenti.


Keinginan dan ambisi memang penting, tapi itu tidak selalu cukup untuk membuat anda terinspirasi dan melangkah ke depan. Menjaga motivasi dan keinginan selama transisi dari karyawan ke pengusaha sangat penting. Sangat mudah untuk keluar dari jalur dan menjadi kecil hati disaat ada kendala selama fase transisi ini. Mencoba peluang bisnis baru sangat mungkin ada banyak kendala di tengah jalan dan segala sesuatu tidak langsung terjadi seperti keinginan. Berikut beberapa tindakan yang dapat anda lakukan ketika masih menjalani pekerjaan anda yang sekaligus akan membuat Anda tetap pada jalur dan bergerak maju.

1. Miliki Alasan Yang Jelas Kenapa Anda Memulai Bisnis Anda

Fokus dengan alasan anda untuk memulai bisnis adalah langkah pertama yang paling penting. Mungkin Anda termotivasi menjadi bos untuk diri anda sendiri, kebebasan finansial, kebebasan waktu, ekspresi kreatif, mempunyai lebih banyak waktu berada di rumah dengan anak-anak Anda atau membantu orang lain. Tergantung dari jenis peluang bisnis apa yang anda lakukan. Apapun alasan Anda, mengetahui apa yang memotivasi dan mendorong Anda untuk berbisnis adalah apa yang akan membuat Anda tetap fokus dan berkomitmen untuk impian Anda di saat-saat yang sulit.

2. Berkomitmen Dengan Impian Anda

Sekedar memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu Vs. berkomitmen dengan itu sangat berbeda. Bila Anda berkomitmen untuk impian Anda, Anda membuat kewajiban yang mengikat untuk diri anda sendiri sampai itu mencapai keberhasilan. Ini berarti diri Anda berkomitmen untuk mengerahkan upaya terbaik dalam mengupayakan peluang bisnis yang anda inginkan. Darisitu Anda akan menemukan solusi ketika dihadapkan dengan rintangan dan Anda tidak berhenti tidak peduli seperti apapun situasinya. Untuk membuat segala sesuatunya lebih mudah, selain membuat komitmen itu untuk diri sendiri, anda bisa memberitahu komitmen anda tersebut ke orang-orang di sekitar Anda untuk membantu memotivasi dan mengingatkan.

3. Buat Visi Pribadi Untuk Bisnis Anda

Pikirkan tentang apa yang Anda inginkan dalam bisnis Anda setahun dari sekarang dan menuliskannya. Buatlah menjadi sangat spesifik dan terperinci. Buat gambaran secara detail kegiatan apa yang Anda akan terlibat, siapa pelanggan atau klien Anda, berapa banyak pelanggan atau klien Anda dan berapa penghasilan bulanan Anda. Buat gambaran rinci dari titik masih sebuah peluang bisnis menjadi sebuah bisnis konkrit yang besar.

Baca visi Anda dengan keras setiap pagi dan sore, dengan fokus sepenuhnya pada hasil akhir, disaat bisnis anda sudah menjadi besar. Dengan menjaga fokus Anda pada hasil akhir, Anda akan dapat mengendalikan pilihan tindakan sehari-hari untuk menepis pikiran negatif yang mungkin timbul dalam perjalanan.

4. Bergabung Dengan Kelompok Mastermind Yang Relevan Dengan Bisnis Anda

Sebuah kelompok mastermind adalah kelompok mentoring peer-to-peer yang bertemu secara rutin untuk saling mendukung, brainstorm ide, berbagi saran dan bekerjasama melalui tantangan bersama. Sebuah kelompok mastermind dapat menjadi sangat baik untuk membantu Anda tetap berkomitmen dan termotivasi.

Ada jenis kelompok mastermind yang bertemu secara langsung, online atau via telepon. Untuk menemukan sebuah kelompok mastermind, melihat komunitas di sekitar anda adalah tempat yang bagus untuk memulai. Anda bisa mulai mencari komunitas yang sama-sama tertarik mencoba peluang bisnis dengan jenis yang kurang lebih sama. Tapi jika Anda tidak dapat menemukannya, Anda bisa mengambil inisiatif untuk membuat kelompok mastermind anda sendiri dan mengajak orang-orang yang mempunyai visi sama untuk bergabung.

5. Libatkan Diri Anda Dalam Pembelajaran

Lakukan penelitian dan pelajari apapun yang bisa Anda temukan dimana itu berhubungan dengan bisnis Anda. Internet menyediakan banyak informasi berharga tentang membangun bisnis yang sukses. Mengambil kursus, hire pelatih atau mencari mentor bisnis untuk Anda. Membaca eBook, mendengarkan podcast atau audiobook dalam setiap perjalanan pagi Anda menuju kantor. Berusaha untuk 'mengelilingi' diri anda dengan apapun yang membuat anda semakin baik dalam bidang anda. Membutuhkan upaya, resource dan pengetahuan yang besar untuk mewujudkan sebuah ide peluang bisnis menjadi bisnis nyata yang berhasil  Semakin Anda belajar dan menjadi ahli di bidang Anda, akan semakin percaya diri dan termotivasi Anda untuk meraih sukses.

6. Tetap Positif Tentang Pekerjaan Anda

Setiap hari, temukan sesuatu yang Anda hargai tentang pekerjaan Anda. Mungkin Anda menikmati suasana dengan rekan kerja Anda atau selalu menemukan hal baru di kantor. Tapi itu bisa juga berupa hal kecil seperti kopi gratis atau kursi kantor Anda yang nyaman.

Selain itu anda bisa mencari hal-hal dalam pekerjaan atau kantor anda yang secara langsung atau tidak langsung itu bisa memberi benefit terhadap peluang bisnis yang sedang anda rintis.

Intinya adalah untuk mencari hal-hal baik dan positif tentang pekerjaan anda. Semakin Anda fokus pada apa yang positif tentang situasi Anda saat ini, semakin sukses Anda akan membawa pada semua situasi termasuk peluang bisnis yang sedang anda rintis. Ingat bahwa pikiran negatif menguras energi Anda, sehingga jauh lebih sulit untuk bergerak maju dengan impian Anda.

7. Tetapkan Target Harian

Tetapkan target kecil dan terukur setiap hari dalam bisnis Anda. Pahami bahwa di dalam perjalanan anda melakukan peluang bisnis yang anda coba, akan ada saat-saat ketika tampaknya Anda seperti tidak membuat kemajuan sama sekali. Banyak hal dari bisnis, pada awalnya itu adalah pekerjaan yang membosankan untuk dilakukan setiap hari. Sadari bahwa itu semua adalah bagian dari membangun bisnis Anda. Dengan menetapkan target kecil harian, dan mengambil tindakan berdasarkan itu, Anda akan mulai melihat hasilnya. Secara akumulasi semakin banyak kemajuan yang Anda buat, akan semakin percaya diri Anda dan tekad Anda semakin kuat untuk terus bergerak maju.

Sekarang setidaknya anda memiliki gambaran yang lebih jelas bagaimana mencoba sebuah peluang bisnis tapi sambil tetap bekerja. Tapi bagaimana bila anda belum mempunyai ide bisnis yang jelas?

Ada referensi bagus di Baikdanbenar.com tentang list peluang bisnis yang banyak diantaranya bisa anda lakukan dengan masih tetap bekerja. Anda bisa mengkaji setiap ide bisnis tersebut dan menemukan yang tepat untuk anda.

Dengan mengambil 7 tindakan di atas sambil tetap bekerja, Anda akan tetap fokus, termotivasi dan berkomitmen untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan. Ini juga akan membuat waktu yang anda habiskan di pekerjaan Anda di kantor anda terasa sebentar dan berlalu dengan cepat.

Related : 7 Tips Mencoba Peluang Bisnis Sambil Bekerja

6 Responses to " 7 Tips Mencoba Peluang Bisnis Sambil Bekerja "

  1. mantap sekali tips yang diberikan, semoga saya bisa mencoba tips tips ini dan mencoba peluang bisnis yang di berikan oleh anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannya... semoga bermanfaat...

      Delete
  2. Masukan yang sangat berharga dan bisa aplikasikan langsung, terima kasih

    ReplyDelete
  3. Masukan yang sangat berharga dan bisa aplikasikan langsung, terima kasih

    ReplyDelete
  4. keren artikelnya gan
    kunjungi juga ya gan dengan web kebanggan kami poker online indonesia http://www.betdanwin.com/
    bonus 100% deposit dan ada komisi referral 50% untuk member yang mengajak teman-temannya mohon partisipasinya siapa tau membutuhkannya makasihh gan :)

    ReplyDelete
  5. saya juga melakukan hal ini, mas. saya tetap bekerja di sebuah perusahaan, tapi juga membuat warnet kecil-kecilan sendiri dirumah

    ReplyDelete

Komentar, Kritik & Saran dapat Ditulis Disini..